BERBAGI

JAYAPURA – Dalam rangka memantau persiapan kelengkapan, untuk verifikasi faktual. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Papua menggelar Rapat Koordinasil Wilayah (Rakorwil) Daerah Pemilihan (Dapil) I Papua, yang terdiri dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Keerom.

Ketua Korwil Dapil I Papua Yulianus Rumbairusy, yang juga Sekretaris DPW PAN Papua mengatakan, rapat koordinasi ini salah satunya untuk memanaskan kembali mesin partai jelang pemilu 2024.

“Tahapan pemilu 2024 dimulai Agustus 2022 yaitu verifikasi faktual partai politik. Pertemuan kali ini untuk mengkroscek kembali kelengkapan persyaratat verifikasi faktual,” katanya, Selasa (06/04) di Horison Kotaraja.

Jika masih ada kekurangan dalam persyaratan, lanjutnya, maka harus segera dilengkapi. Kalau ada kendala, kendalanya dimana didalam forum ini bersama-sama mencari solusinya.

“Teman-teman dari Dapil I sudah menyampaikan ada beberapa kendala dan masalah, jadi kita akan melakuan perbaikan perbaikan,” katanya.

Dikatakannya, PAN sudah mulai kerja dengan mulai dari menyiapkan berkas untuk verifikasi faktual.

“Waktu terus berjalan, kerja-kerja partai harus lebih intens lagi, karena untuk hasil yang maksimal perlu kerja keras. Target kita memenangkan kursi legislatif, nah bagaimana bisa mewujudkan itu, caranya dengan kerja keras dan kerja cerdas dan mengatur strategi,” katanya.

Pertemuan seperti ini, lanjut, bukan hanya dilakukan satu kali ini saja, tetapi akan dilakukan secara berkala, dan akan dilakukan disemua Dapil.

Ketua DPW PAN Papua Sinut Busup, mengakui masih ada beberapa kendala untuk persiapan verifikasi faktual, salah satunya masalah KTP, karena dari 29 DPD PAN di Papua belum semua memiliki KTP Elektronik.

“Selain masalah KTP juga jaringan internet, karena untuk Kartu Tanda Anggota (KTA) menggunakan aplikasi yang membutuhkan jaringan internet yang stabil,” katanya.

Diakuinya, jangankan didaerah pegunungan atau kabupaten lainnya, di Jayapura saja jaringan kadang-kadang tidak bagus.

 

“Saya berharap kepada ketua-ketua DPD, agar berada di kabupatennya masing-masing untuk memudahkan koordinasi,” katanya.

Diakuinya, konsolidasi partai terus akan dilakukan guna mempersiapkan Pemilu 2024.

“Saya sudah mengunjungi Dapil III sekarang Dapil I, semua Dapil akan saya kunjungi untuk memastikan kesiapan mereka jelang tahapan pemilu legislatif 2024,” katanya.