BERBAGI
Dua Calon Ketua DPD Demokrat Papua yang ditetapkan pada Musda IV Demokrat yakni Lukas Enembe, SIP.MH dan Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si. (Dian Mustikawati)

 JAYAPURA – Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Provinsi Papua resmi berlangsung dan berjalan sukses pada Sabtu (19/03/2022) di Sunni Hotel Sentani.

Usai acara pembukaan yang dihadiri pula ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan sejumlah petinggi partai lainnya melalui zoom meeting, Pleno secara tertutup digelar dan berjalan aman serta lancar. \

Pleno sendiri dipimpin langsung Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) pada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PD, Herman Khaeron dan sejumlah perwakilan DPD dan DPC sebagai unsur sekretaris dan anggota.

Selain seluruh ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PD dari 29 kabupaten dan kota se-Papua, tampak hadir pula kedua kandidat ketua DPD PD Papua, yakni Lukas Enembe (LE) dan Ricky Ham Pagawak (RHP).

Herman Khaeron menegaskan, Musda ke-IV Demokrat Papua telah menetapkan 2 nama calon Ketua DPD yaitu Lukas Enembe dan Ricky Ham Pagawak. Kedua nama ini akan dikirim ke DPP sesuai hasil verifikasi yang telah memenuhi syarat dan ditetapkan dalam forum Musda.

“Secepatnya dilakukan fit and proper test oleh tim 3 DPP, kita juga memberikan kesempatan para kandidat untuk mempersiapkan materi supaya disesuaikan dengan arah dan kebijakan partai demokrat di Provinsi Papua,” kata Herman kepada wartawan di Sentani, Sabtu (19/3/2022).

Herman juga mengapresiasi pelaksanaan Musda ke-IV Demokrat Papua tahun 2022 dapat berjalan dengan baik, lancar dan aman. Semuanya didasari bahwa pelaksanaan Musda ini adalah sebagai arena konsolidasi, harmonisasi dan rekonsiliasi internal partai. Setelah Musda, tentu semuanya sudah mencair dan membaur kembali untuk bekerja membangun Demokrat.

Memang berdasarkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (ART) Partai Demokrat hasil kongres 2020, di mana Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terpilih sebagai Ketua Umum Demokrat,  telah ditetapkan bahwa Musda hanya memilih calon Ketua DPD. Para calon yang maju menjadi Ketua DPD yang memenuhi verifikasi dan persyaratan, disahkan oleh forum lalu diajukan ke DPP Demokrat. (Adm)