BERBAGI
Para calon yang ikut dalam seleksi 9 jabatan Pimpinan Tinggi Prarama Kabupaten Pegunungan Bintang saat hadir pada kegiatan pembukaan seleksi di Kantor BKN Jayapura, Rabu (19/01/2022)

JAYAPURA – Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) menggelar Psikotes dan Tes Wawancara dalam Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama bagi 29 calon yang lolos administrasi. Para calon ini diseleksi untuk mengisi 9 jabatan terdiri dari 3 Asisten Sekretariat Daerah (Setda) dan 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Pegubin.

Giat yang berlangsung selama dua hari di Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Negara Regional (BKN) Jayapura, Rabu (19/01/2022) ini, dibuka Plt. Sekretaris Daerah Pegubin, drg. Aloysius Giyai, M.Kes. Hadir mendampingi Sekda, Asisten I Setda Pegubin Hironimus Uropmabin. Spd,.M.Kap dan Ketua Ketua Unit Assessment Center Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Prof. Dr. H.R. Partino,M.Pd.

“Dalam nama Bapa Putra dan Roh Kudus, seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah Pegunungan bintang pada hari ini kami nyatakan dibuka secara resmi,” kata Sekda Aloysius disusul dengan pemukulan tifa dan tepuk tangan para peserta seleksi.

Menurut Aloysius, seleksi ini digelar secara terbuka dengan menjunjung tinggi profesionalitas, integritas dan pengalaman kerja bagi para calon. Oleh karena itu, kepada semua calon yang ikut, ia berharap tetap serius melewati tahapan seleksi, tidak anggap remeh, tetapi juga tidak merasa tertekan.

“Ada 29 calon yang lolos administrasi ikut dalam seleksi ini untuk menduduki 9 jabatan. Artinya, ada 20 yang akan tidak lulus. Ini bukan soal kita duduk eselon II atau eselon III. Karena jabatan birokrasi tak abadi. Kapan saja bisa berpindah tangan ke orang lain. Yang terpenting setiap kita bisa mampu bekerja dan mempertanggungjawabkan tugas dan fungsi yang melekat,” tegas Aloysius.

Kegiatan seleksi ini dipimpin oleh Ketua Unit Assessment Center Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Prof. Dr. H.R. Partino,M.Pd dan sekretarisnya, Yosefina M.Watofa,M.Psi.

“Hari ini psikotest full, setelah itu masuk tahap pembuatan makalah sesuai jabatan yang dipilih. Setelah ini lapor ke Komisi ASN dan BKD. Rencananya, sekitar minggu depan baru bisa diumumkan hasilnya,” tutup Alo.

Adapun 9 jabatan yang diseleksi yakni Asisten I Bidang Pemerintahan, Kesejahteraan Rakyat dan Pembangunan, Asisten II Bidang Administrasi Umum, Asisten III Bidang Pengelolaan Asset, Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah, Dinas Pendidikan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, dan Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu.  (Adm)