BERBAGI
Nampak Ketua Bidang Sosial dan Tanggap Bencana BPD KKSS Kabupaten Jayapura Firman didampingi sejumlah pengurus dan anggota KKSS Kabupaten Jayapura saat menyerahkan bantuan makanan siap saji kepada warga korban banjir di belakang Pasar Youtefa Kotaraja, Kelurahan Waymhorock, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Minggu (9/1/2022)

SENTANI  – Bencana banjir yang melanda di Kota Jayapura, membuat Badan Pengurus Daerah – Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Jayapura menggelar bakti sosial dengan membagikan ratusan nasi bungkus ke warga korban banjir.

“Bentuk perhatian dan rasa prihatin, kita membagikan ratusan makanan siap saji (nasi bungkus) ke warga yang terkena dampak banjir,” kata Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura, H. Wagus Hidayat, SE., melalui Kepala Bidang (Kabid) Sosial dan Tanggap Bencana KKSS Kabupaten Jayapura, Firman disela-sela membagikan makanan siap saji di belakang Pasar Youtefa Kotaraja, Kelurahan Waymhorock, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Minggu (9/2/2022).

“Jadi kami sangat prihatin dengan bencana banjir yang terjadi di Pasar Youtefa ini, karena sebagian besar warga KKSS yang menjadi korban banjir. Maka itu, kami dari KKSS Kabupaten Jayapura inisiatif langsung mendonasikan sebagian hartanya untuk membantu warga kita yang menjadi korban banjir,” tambahnya.

Firman mengatakan, bahwa pihaknya mendapat informasi dari warga korban banjir sangat membutuhkan makanan siap saji. “Berdasarkan penyampaian dari warga korban banjir, alat-alat dapur (kompor) mereka terendam air dan ada juga yang hanyut. Jadi, kami inisiatif memberikan makanan siap saji dan air mineral. Mudah-mudahan bantuan yang kami berika ini bisa meringankan beban dari para korban banjir yang ada di Pasar Youtefa,” katanya.

“Karena ini sifatnya situasional, jadi kami pesan di teman-teman yang catering. Alhamdulillah, kita berhasil mengumpulkan makanan siap saji atau nasi bungkus sebanyak 350 bungkus dan air mineral kita sediakan sebanyak 50 karton,” sambung Kabid Sosial dan Tanggap Bencana BPD KKSS Kabupaten Jayapura.

Firman menambahkan, kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan inisiatif dengan membagikan makanan siap saji ini juga merupakan aksi kepedulian antara sesama.

“Insha Allah, kita akan terus bagikan makanan siap saji ini kepada warga korban banjir di beberapa tempat. Adapun dana untuk menyediakan bahan bakunya dari sumbangan anggota dan pengurus BPD KKSS Kabupaten Jayapura, serta donatur,” imbuhnya.

“Rencana kita akan ada tahap kedua lagi, apabila donasi kita sudah terkumpul kembali. Insha Allah, kita akan memberikan bantuan logistik berupa sembako. Karena ini tahap awal, makanya tadi saya sampaikan situasional, jadi kita menyikapi permintaan masyarakat. Bahwa, masyarakat tidak bisa memasak akibat alat-alat dapur terendam air, sehingga kita langsung berinisiatif menyiapkan makanan siap saji,” tukasnya.

Diketahui, musibah banjir melanda beberapa distrik di Kota Jayapura akibat curah hujan yang sangat tinggi. Debit air yang menggenangi pemukiman warga pun lumayan tinggi, sehingga menyulitkan masyarakat dalam beraktivitas.

Sementara itu, Mustafa selaku perwakilan atau koordinator dari warga Soppeng yang terdampak banjir di Pasar Youtefa Kotaraja mengatakan, bahwa kegiatan aksi solidaritas yang dilakukan BPD KKSS Kabupaten Jayapura sangat membantu sekali dengan warga yang terdampak banjir.

“Kami merasa bersyukur karena ada saudara-saudara kami di luar sana yang mau datang membantu kami. Setidaknya meringankan beban kami dengan memberikan makanan siap saji atau nasi bungkus itu sudah tidak cukup dengan memberikan perhatian yang lebih besar buat kami,” ucap pria yang juga Ketua Pemuda Soppeng Kota Jayapura seraya menambahkan ada 30 Kepala Keluarga (KK) dari warga Soppeng yang terdampak banjir, baik tempat tinggal maupun usaha mereka di Pasar Youtefa Kotaraja. (Irf)