BERBAGI
Ketua DPP KKMB Papua H. Muhammad Darwis Massie, SE, dan Ketua DPK KKMB Kota Jayapura Adnan beserta pengurus ketika menyerahkan makanan siap saji kepada perwakilan warga korban banjir di Kali Acai, tepatnya di Kompleks Ponpes Al-Hidayah I, Kali Acai, Jalan Baru Tembus Melati, Kelurahan Waymhorock, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Jumat (7/1/2022)

 

JAYAPURA – Gelar aksi solidaritas kepada warga yang terdampak banjir, Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB) dan Kerukunan Keluarga Pemuda Bone (KKMB-KKPB) Papua bagikan 2.000 makanan siap saji (nasi bungkus) di Wilayah Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua.

Pemberian makanan siap saji terhadap warga yang rumahnya terendam banjir ini dilakukan langsung oleh Ketua Dewan Pengurus Provinsi – Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (DPP-KKMB) Papua, H. Muhammad Darwis Massie, S.E., Jumat (7/1/2022) pagi sekitar pukul 07.00 WIT saat meninjau lokasi banjir di beberapa titik banjir seperti di Pasar Youtefa Kotaraja dan Kali Acai, di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua.

Haji Muhammad Darwis didampingi Ketua DPK KKMB Kota Jayapura Adnan beserta rombongan menyusuri titik banjir di perumahan warga dari pagi hingga malam dan membagikan langsung makanan siap saji kepada ratusan kepala keluarga (KK).

Bantuan makanan siap saji (nasi bungkus) tersebut merupakan hasil sumbangan anggota KKMB-KKPB Papua yang ada di Kabupaten/Kota Jayapura dan para donatur, seharian penuh Muhammad Darwis dan rombongan membagikan ribuan bungkus makanan siap saji kepada warga terdampak banjir dengan mendatangi rumah-rumah warga yang terendam banjir yang terjadi dari Kamis (6/1/2022) malam hingga Jumat (7/1/2022) pagi.

Pria yang juga Anggota DPR Papua ini, mengaku turut prihatin dengan musibah banjir yang melanda.

“Jadi mulai tadi pagi sekitar jam 7, kami dari KKMB-KKPB Papua turun langsung di lapangan untuk melihat kondisi warga yang terdampak terhadap banjir ini, khususnya di wilayah yang sebenarnya cukup parah di Pasar Youtefa dan sepanjang bantaran Kali Acai. Dari hasil pemantauan tersebut, kemudian kami melihat ada hal yang sangat penting atau urgent yaitu, hal tanggap darurat berkaitan dengan kebutuhan akan makan mereka,” kata Darwis Massie, usai memberikan bantuan makanan siap saji kepada warga korban banjir, Jumat (7/1/2022) malam.

Makan siap saji atau nasi bungkus tersebut diantarkan langsung ke rumah-rumah warga dan langsung dikomandoi Legislator PKS Papua dan beberapa pengurus KKMB-KKPB Papua seperti Ketua DPK KKMB Kota Jayapura Adnan, Sekretaris DPP KKPB Papua Ilham Sultan serta Koordinator Bidang Humas dan Media DPP KKPB Papua Muhammad Irfan.

Karena dampak dari banjir tersebut, kata mantan Wakil Ketua II DPRD Kota Jayapura ini, warga korban banjir ini sudah tidak bisa beraktivitas, bahkan ada di antara mereka yang masih terjebak banjir atau terkurung dalam rumah dan sangat sulit untuk akses keluar mencari makanan.

“Saya pikir untuk makanan ini sangat penting, karena kejadian dari tadi malam (dinihari) hingga pagi itu membuat mereka sangat lelah dan membutuhkan makan atau minum. Jadi, kami dari KKMB-KKPB mulai dari tadi dari pagi hingga jam sembilan malam ini sudah menyalurkan makanan siap saji kepada warga,” imbuh Darwis.

Sementara itu, Ketua DPK KKMB Kota Jayapura, Adnan menyebutkan, Ketua DPP KKMB Papua dan dirinya beserta pengurus diamanahkan oleh warga Bone dan donatur memastikan makanan korban banjir.

“Kami datangi langsung ke rumah-rumah warga. Sebagai tanda turut prihatin dengan musibah yang melanda warga. Semoga mereka tabah dan tetap semangat menjalani hidup,” imbuh Adnan.

Pembagian pertama dilakukan di Kali Acai dekat Ponpes Al-Hidayah I. Ratusan nasi bungkus diserahkan ke warga yang diambil langsung oleh Ketua RT setempat Jaharuddin Dg. Sila.

“Alhamdulillah, terima kasih pa haji Darwis dan Paguyuban KKMB-KKPB. Kami memang belum makan dari pagi hingga sore dan tidak bisa memasak, karena semua yang ada di dapur basah dan kompor sudah kemasukan air,” kata Dg. Sila.

Ia juga mengaku salut dengan gerak cepat Darwis Massie dan KKMB-KKPB Papua. Terima kasih pa Haji Darwis yang telah memberikan kami nasi bungkus. Bantuan ini sangat bermanfaat, karena kami memang tidak bisa memasak. Beras dan alat-alat dapur terendam,” tukasnya. (Irf)