BERBAGI
Ricky Ham Pagawak didampingi sejumlah tokoh saat Perayaan Ibadah Natal Akbar Lintas Relawan RHP For Papua tahun 2024 resmi diselenggarakan di Gedung Olahraga (GOR) Cenderawasih, jantung kota Jayapura, Senin (20/12/2021).

JAYAPURA – Perayaan Ibadah Natal Akbar Lintas Relawan RHP For Papua tahun 2024 resmi diselenggarakan di Gedung Olahraga (GOR) Cenderawasih, jantung kota Jayapura, Senin (20/12/2021), dihadiri sedikitnya 2000-an relawan dan masyarakayt di Kota Jayapura dan sekitarnya.

Tak hanya warga dan relawan, Natal Akbar bersama yang terlaksana atas Prakarsa sejumlah tim relawan pendukung RHP for Papua se-Papua itu turut dihadiri sejumlah tokoh pemerintahan, tokoh adat, tokoh agama, pemuda, perempuan dan perwakilan paguyuban nusantara serta sejumlah unsur lainnya.

Kemeriahan acara sudah tampak sejak awal memasuki areal GOR Cenderawasih. Relatif seluruh paguyuban hadir dan menampilkan kekhasan daerah, mulai dari pakaian adat hingga menyajikan sendiri menu daerah mereka sebagai konsumsi untuk umum.

Ketua Panitia Natal Akbar Relawan RHP, Kalvin Penggu

Selain ibadah, nyanyian dan tarian pujian, Natal Akbar juga diselingi sejumlah penampilan dari paguyuban nusantara yang ada di Kota Jayapura.

Ketua Panitia Perayaan Ibadah Natal Akbar Lintas Relawan RHP For Papua tahun 2024, Kalvin Penggu kepada wartawan mengaku tak menyangka kegiatan yang mereka agendakan bakal semeriah itu. Dia menyebut, sejak awal perencanaan, seluruh komunitas relawan bersepakat untuk menyumbang dan menyiapkan sendiri seluruh kebutuhan untuk suksesnya acara.

“Terimakasih Semua panitia. Ini campur tangan Tuhan hingga bisa semeriah ini. Awalnya kami bentuk panitia untuk Natal komunitas. Sukses acara ini semua dari sumbangan relawan. Peralatan, konsumsi dan lainnya adalah sumbangan relawan. Bahkan, 26 ekor Babi ini tidak ada satupun dari panitia, semuanya sumbangan relawan,” papar Kalvin haru.

Momen Pererat Persaudaraan, Bersatu Bangun Papua

Ditempat yang sama, Ricky Ham Pagawak selaku pembina relawan RHP yang menginisiasi acara tersebut, mengaku bangga dan tak menyangka acara Natal Akbar bakal semeriah itu.

“Selaku pembina relawan, saya sangat mengapresiasi apa yang mereka sudah lakukan ini. Saya pribadi relative tak membantu apa-apa. Hanya menyumbang panggung bagi mereka,” ujarnya.

Ricky Ham Pagawak alias RHP, yang juga selaku Wakil Ketua I Partai Demokrat Papua itu menambahkan, momen Natal Akbar itu juga tidak terlepas dari tema Natal nasional yakni mempererat hubungan persaudaraan umat beragama.

Dari momen yang baik tersebut, RHP mengajak seluruh komponen masyarakat Papua di seluruh Wilayah adat dan masyarakat nusantara untuk bersatu menjalin persaudaraan. Bersama-sama membangun Tanah Papua. Dia meminta agar tak ada lagi dikotomi orang Gunung, orang Pantai, pesisir, lembah, orang asli atau orang pendatang. Sebab, justru hal itu yang menimbulkan permasalahan.

“Di momen ini, mari kita semua elemen orang Papua dan Nusantara untuk bersatu bersaudara sebagai sesama orang Papua dan Indonesia. Kalau persaudaraan dan persatuan itu terwujud maka kita di Papua tidak akan ada masalah. Apalagi visi misi gubernur Papua membangun bersama-sama dengan hati,” urainya.

Ricky Ham Pagawak memberi keterangan pers usai Natal akbar relawan RHP.

Menjawab wartawan terkait komitmennya maju sebagai calon Gubernur Papua di tahun 2024, RHP yang juga Bupati Mamberamo Tengah tak menampiknya. Sebagai orang politik, kata RHP, tentu dirinya ingin “naik kelas”, hanya saja, sebagai manusia biasa akan tetap berdoa dan bekerja dan semua kembali pada Tuhan.

“Saya kira kita di Papua hari ini melihat dan mendengar tokoh Papua yang siap melanjutkan estafet kepemimpinan pak Gubernur Lukas Enembe. Semua punya kesempatan yang sama. Kita wajib bekerja dan berusaha, Tuhan yang merestui,” pungkasnya. (Adm)