BERBAGI
Atlet Papua, Arnoldus Gawai Kaize berhasil meraih medali emas PON XX Papua nomor Lempar Cakram Putra yang digelar di Stadion Atletik Mimika Sport Complex, Rabu pagi (13/10/2021). (Foto: PB PON XX Papua / Ady Sesotya).

TIMIKA – Akhirnya, Provinsi Papua mendapat medali emas di cabang olahraga atletik pada nomor lempar cakram putra, Pekan Olahraga Nasional [PON] XX Papua 2021.

Medali emas pertama itu disumbangkan oleh Arnoldus Gawai pada nomor lempar cakram putra di Arena Atletik MSC, Rabu (13/10/2021). Ia mendapatkan medali emas dengan lemparan sejauh 49.78 meter.

Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Hardodi Sihombing, yang mewakili Sumatera Utara. Ia diganjar medali perak atas jauh lemparan 49.70 meter.

Sementara itu, peringkat ketiga atau peraih medali perunggu diperoleh Galih Yoga dari Jawa Tengah dengan jauh lemparan 47.74 meter.

Dengan demikian, kontingen tuan rumah baru mengumpulkan satu medali emas, satu perak dan tiga perunggu di cabor atletik.

Arnoldus Gawai, yang baru pertama kali mengikuti kegiatan PON, mempersembahkan medali emas pertamanya itu bagi masyarakat Papua.

“Ini penampilan pertama saya di PON dan emas ini saya persembahkan untuk tanah Papua,” ujarnya.

Bagi Arnold, pencapaiannya sangat membanggakan sekaligus membuktikan orang Papua bisa menjadi yang terbaik.

“Saya senang sekali dan bangga, ini bukti bahwa orang Papua bisa,” imbuhnya.

Berikut hasil pertandingan final lempar cakram putra PON Papua

  1. Arnold Gawai 49.78 meter (Papua)
  2. Hardodi Sihombing 49.70 meter (Sumut)
  3. Galih Yoga 47.74 meter (Jateng)
  4. Taufik Nur Rohman 45.25 meter (Jatim)
  5. Hermanto 45.11 meter (Jatim)
  6. Iventinus Gebze 44.60 meter (Papua)
  7. Rafika Putra 43.46 meter (Sumbar)

(Humas PPM/Adm)