Beranda PON XX Papua Presiden Bangga Buka PON XX Papua

Presiden Bangga Buka PON XX Papua

67
0
BERBAGI

 

JAYAPURA – Pembukaan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 yang ditunggu-tunggu dan sempat ditunda satu tahun, kini telah sukses terlaksana dan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo, bertempat di Stadion Lukas Enembe di Kampung Harapan, Sentani. Sabtu (2/10/2021) malam.

Dalam sambutannya Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi)  mengaku bangga dan bersyukur membuka PON XX yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua.

“We Foi, Oromi Remai, Wa Wa Wa. Pekan Olahraga ini melambangkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur, dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar PON XX Papua,” tuturnya.

Presiden Jokowi menjelaskan, PON punya makna besar yaitu panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan dan keadilan untuk maju bersama dalam bingkai Kesatuan Republik Indonesia.

“Stadion Lukas Enembe yang megah ini bukan satu-satunya kemajuan Papua tapi kualitas laut, aktivitas darat, bandara, pelabuhan, dan pengembangan SDM Papua” ujarnya

Presiden Jokowi juga berpesan kepada anak muda Papua, bahwa prestasi anak muda Papua harus dipupuk dan dikembangkan, seperti atlet yang berprestasi Lisa Rumbewas atlet angkat besi dan Boas Salosa Sepakbola, jejak atlet harus diikuti oleh anak muda Papua.

Selain itu, tingkatkan kreativitas seni dan musik yang disaksikan seperti lagi Cuma Saya dari M.A.C dan Jang Ganggu dari Shine Of Blank, pasti akan diikuti oleh karya yang hebat lainnya.

“Marilah saudara rayakan PON dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, Persatuan dan Kesatuan bangsa. Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat dan kita menunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX Papua tahun 2021,” pungkas Presiden RI Joko Widodo. (Adm)