BERBAGI
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan sambutan di acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX Papua di Stadion Lukas Enembe, 2 Oktober 2021 (Foto : PB PON XX Papua/Silvester Korwa )

JAYAPURA –  Kilau lampu warna warni terpancar di langit Stadion Lukas Enembe, Sabtu 2 Oktober malam. Warna-warninya yang indah itu disertai suara riuh, telah menandakan bahwa seremoni pembukaan PON XX Papua 2021 sedang berlangsung.

Acara pembukaan PON XX Papua yang dipandu oleh Raffi Ahmad, Intan Saumadina,Piter Ginuny, dan Irsa Yoku ini,  diawali dengan penampilan penyanyi asal Papua, Edo Kondologit, Michael Jakarimilena, Nowela Elizabeth Auparay dengan menyanyikan lagu “Aku Papua”.

Acara kemudian dilanjutkan dengan defile kontingen dari 34 provinsi yang diawali dengan kontingen dari Aceh, disusul Bali dan Banten serta diakhiri dengan kontingen Papua.

Barisan kontingen para atlet dipersilahkan menyusuri lintasan lari, setelah berlangsungnya tari “Selamat Datang.

Satu persatu kontingen menyapa para pengunjung yang berada di tribun stadion sambil melambaikan tangan.Tak ketinggalan, rombongan atlet legendaris Indonesia yang tampak menuntun seluruh kontingen karena ditempatkan di barisan paling depan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengibaran Merah Putih yang diringi lagu Indonesia Raya. Bendera PON tak lupa dikibarkan, setelah Gubernur Papua, Lukas Enembe yang juga Ketua Umum PB PON XX menyampaikan kata sambutan.

Kombinasi kesenian tradisional dan modern langsung diputar seusai benderaPON berkibar gagah. Mulai dari tarian, nyanyian, hingga berbagai atraksi lainnya yang terlihat menawan dan memanjakan mata para pengunjung.

Tata lampu yang dikombinasikan dengan sinar laser juga berperan penting untuk membuat jalannya sesi ini semakin menarik.

Setelah itu, pembacaan janji atlet dan janji wasit yang bertugas pada PON XX.

Presiden Joko Widodo tiba di Stadion Lukas Enembe, pukul 19.00 WP. Selanjutnya berjalan kaki menuju Royal Box, lalu upacara pembukaan PON XX Papua 2021 dimulai. Presiden menyampaikan pidato dan membunyikan sirine tanda diresmikannya PON XX Papua 2021.

Saat itu tungku api PON langsung dinyalakan secara estafet oleh atlet-atlet legendaris Indonesia. Pesta kembang api kembali dilangsungkan sebagai isyarat bahwa upacara pembukaan PON XX Papua 2021 telah dilaksanakan.

Upacara pembukaan PON XX Papua 2021 ini bertambah semarak dengan penampilan para artis, seperti D’Uzzy, Kaonak Group Papua, Tulus, Ruth Sahanaya, dan Michael Jakarimilena, Nowela Elizabeth Auparay, Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan, Joanita Chatarine, Papua Original, Edo Kondologit, Lea Simanjuntak, Trio Papua, Albert Fakdawer, Oyandi Voice, dan tak ketinggalan, Padus Gema Chandra Universitas Cenderawasih.

Hadir dalam acara pembukaan itu, sejumlah menteri dan para gubernur dari sejumlah provinsi di Indonesia, seperti Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan tamu undangan lainnya.

Tanpak hadir dalam acara pembukaan ini antara lain, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia, Kapolri, dan Panglima TNI.

Masyarakat dari berbagai penjuru Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Keerom berjubel-jubel berdiri di luar Stadion Lukas Enembe ingin menyaksikanupacara pembukaan PON XX Papua.

PON XX Papua ini diikuti 34 kontingen dari 34 provinsi dengan jumlah atlet sebanyak 6.116 atlet tamu dan 923 atlet asal Papua dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga yang terdiri dari 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan. PON ini akan memperebutkan 681 medali emas, 681 medali perak, dan 877 medali perunggu.

Penyelenggaraan  tersebar di empat klaster, meliputi kota Jayapura, kabupaten Jayapura kabupaten Mimika dan kabupaten Merauke, menggunakan sebanyak 45 venue berstandar nasional dan internasional (Humas PPM/Adm