BERBAGI
Ketua Harian PB PON XX, Yunus Wonda dan Vice President PT Freeport Indonesia Bidang Hubungan Pemerintah Jonny Lingga saat menandatangani perjanjian kerjasama sponsorship. (Foto : Humas PB PON XX)

JAYAPURA –  PT Freeport Indonesia terus memberikan dukungannya dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Perusahaan tambang emas terbesar di dunia itu kembali menunjukan komitmennya dengan menjadi salah satu sponsorship PON XX.

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama Sponsorship ditandai dengan penandatanganan MoU antara Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda dengan Vice President PT Freeport Indonesia Bidang Hubungan Pemerintah, Jonny Lingga, di Jayapura, Senin (13/9). Dalam perjanjian kerja sama tersebut, PT Freeport Indonesia akan membantu PB PON dana sebesar Rp 15 miliar.

Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT Freeport Indonesia yang memberikan bantuan kepada PB PON, baik itu bentuk dana sejumlah Rp 15 miliar, tapi juga PT Freeport Indonesia hadir dalam membangun venue di Kabupaten Mimika.

“Dukungan PT Freeport sangat luar biasa, kami berharap dengan hadirnya PT Freeport, perusahaan lain di Papua maupun diluar bisa ikut membantu Papua dalam mensukseskan PON di Bumi Cenderawasih,” katanya.

Yunus mengatakan, PON XX adalah event Nasional, Papua yang sebagai tuan rumah, untuk itu diharapkan ada dukungan sponspor dari perusahaan lain termasuk BUMN yang berada di Jakarta. “Kami menyampaikan terima kasih kepada Freeport atas dukungannya kepada pemerintah dan PB PON Papua,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Vice President PT Freeport Indonesia Bidang Hubungan Pemerintah Jonny Lingga bahwa PT Freeport Indonesia berkomitmen mensukseskan PON sejak awal Papua ditetapkan sebagai tuan rumah tahun 2013 lalu.

Dikatakan, PT Freeport sudah membangun venue atletik dan basket yang berada di lokasi Mimika Spost Center dengan menghabiskan anggaran Rp 400 miliar lebih.

Selain itu, PT Freeport juga membantu PB PON dalam mobilisasi peralatan pertandingan cabang olahraga yang berada di klaser Mimika.

“Kami berkomitmen menyukseskan PON di Papua, yang lebih special lagi, kompleks Kuala Kencana Freepot akan dipakai sebagai lokasi pertandingan cabang olahraga atletik nomor marathon dan jalan cemat,” jelasnya seraya berharap agar pelaksanaan PON XX di Tanah Papua dapat berjalan lancar walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19.

Tak hanya dukungan dana senilai Rp15 miliar. PT FI juga akan memberikan bonus kepada atlet Papua peraih medali. Hanya saja jumlah bonus yang akan diberikan masih dalam pembahasan oleh manajamen PT Freeport Indonesia. (Adm)