BERBAGI
Foto Bersama usai pertemuan tim Detikda Papua dan Wantiknas. (Humas Detikda)

JAKARTA – Pihak Dewan Teknologi, Informasi dan Komunikasi Daerah (Detikda) Provinsi Papua, dipimpin langsung ketuanya Dominicus RES Carvallo dan didampingi Wakil Ketua El Bahar Conoras serta Sekretarisnya Carolus Bolly hadir langsung memenuhi undangan pihak Dewan Teknologi, Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) di Jakarta, Rabu (24/02/2020).

Rombongan Detikda Papua dalam kesempatan pertemuan bersama lembaga yang diketuai oleh Ilham Habibie tersebut, diterima langsung Dr. Gerry Firmansyah selaku Executive Director dan tim.

Ketua Detikda Papua, Dominicus RES Carvallo yang dihubungi dari Jayapura menjelaskan, pihaknya hadir langsung di kantor Wantiknas guna pembahasan sejumlah kebijakan dan sinkronisasi program kerja, terutama perihal yang menjadi fokus saat ini yakni Transformasi Digital.

Apalagi, menurut Dominicus Carvallo, Wantiknas adalah lembaga yang membawahi atau dengan kata lain yang menjadi acuan dan saling kordinasi dan sinkronisasi program kerja dengan sejumlah lembaga termasuk Detikda di daerah.

“Setelah kita secara resmi dilantik pada 11 Februari lalu, tentu wajib hukumnya bagi Detikda Papua untuk segera melakukan sejumlah kebijakan dan program kerja yang telah dipersiapkan, dan melanjutkan yang sebelumnya telah dijalankan. Ada beberapa hal yang tengah dibuat Detikda Papua dalam kaitannya dengan Transformasi Digital saat ini. Contoh kecil dimana saat ini sedang kita buat sebuah Komunitas Data, serta beberapa hal lain,” ujarnya.

Sekretaris Detikda Papua, Carolus Bolly menyerahkan SK kepengurusan kepada Wantiknas, (Humas Detikda)

“Nah kaitannya dengan Transformasi Digital, ini momen yang sangat baik dimana kita diundang oleh pihak Wantiknas yang boleh dikatakan dalam tanda kutip juga adalah Atasan kita, untuk saling sinergi. Kami sangat apresiasi dengan apa yang menjadi hasil pertemuan ini,” sambung Dominicus.

Sementara Executive Director Wantiknas, Dr. Gerry Firmansyah memaparkan, berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 1 Tahun 2014 mengenai Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional atau Wantiknas, salah satu mandatnya adalah melakukan koordinasi nasional dengan instansi pemerintah pusat/daerah, BUMN/BUMD, lembaga profesional, dan masyarakat dalam rangka pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta berperan aktif dalam pengembangan transformasi digital.

“Nah antara lain atas dara itulah kami mengadakan rapat sinkronisasi program kerja dengan Dewan TIK Daerah Provinsi Papua yang dilakukan tadi,” terang Gerry.

Dalam pertemuan penuh kekeluargaan itu, Sekretaris Detikda Papua, Carolus Bolly juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua terkait penetapan nama-nama yang diangkat sebagai ketua dan anggota Detikda Papua. (Adm)