BERBAGI
Bupati Supiori Jules Warikar menggunting pita peresmian gedung baru gereja Elim Sowek Sup di kampung Manggonswan Distrik Kep. Aruri Kabupaten Supiori. Hadir pula memenuhi undangan dalam acara itu, Wakil ketua I DPD Partai Demokrat Papua, Ricky Ham Pagawak (RHP) yang datang bersama rombongan

SOWEK SUPIORI – Wakil Ketua I DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Ricky Ham Pagawak (RHP)  hari Senin (12/10/2020) menghadiri undangan Pentabisan Gedung Gereja Baru GKI Elim Sowek Sup di Kampung Manggonswan Distrik Kep. Aruri Kab.Supiori.

Peresmian dilakukan oleh Bupati Supiori, Jules Warikar setelah diawali dengan ibadah bersama.

Ricky Ham Pagawak (RHP) sendiri ditengah kesibukannya yang padat, mengingat beliau juga adalah Bupati Mamberamo Tengah, menyempatkan diri menghadiri undangan tersebut.

Perjuangan rombongan RHP yang antara lain didampingi Sekretaris DPD Demokrat Papua, Carolus Bolly, Plt Ketua DPC Supiori, Hugo Aibekop, Plt Ketua DPC Sarmi Willem Indey, Ketua DPC Mamberamo Raya, Karel Thanem, relatif sulit.

Menempuh jalur darat dari Biak-Korido sekitar 3 Jam, rombongan kembali mengarungi lautan sekitar 40 menit menggunakan speed boat dan perahu.

Tampak pula calon Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Yan Imbab-Niko Ronsumbre yang diusung partai Demokrat dan Golkar, menyambut saat rombongan tiba di kampung Sowek.

Hujan lebat yang oleh masyarakat setempat disebut sebagai pertanda berkat saat rombongan RHP berlabuh di dermaga Sowek, tak menyurutkan semangat rombongan yang kembali harus berganti ke perahu yang ukurannya lebih kecil, agar bisa melintas dan sampai dilokasi peresmian gereja.

Tampak pula saat prosesi ibadah, pula calon Bupati dan wakil Bupati Supiori, Yan Imbab dan Niko Ronsumbre mendampingi RHP, turut berbaur dan sempat kehujanan bersama ribuan jemaat yang juga datang dari Kab. Waropen dan Nabire.

“Hari ini saya diundang acara peresmian gereja GKI Elim Sub Sowek. Puji Tuhan, berkat pertolongan-Nya kita bisa sampai dan mengikuti acara dari awal hingga selesai,” kata RHP usai acara peresmian gereja yang juga dimeriahkan oleh atraksi dan tari budaya setempat.

Usai seluruh proses peresmian gereja selesai, rombongan RHP bersama pengurus DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, bertolak menuju Biak dengan menempuh perjalanan laut kurang lebih 2 jam.

Disambut Prosesi Mansorandak

 


Wakil ketua I DPD Partai Demokrat Papua, Ricky Ham Pagawak (RHP) dan Sekretaris DPD Partai Demokrat Papua, Carolus Bolly, disambut prosesi adat yang disebut Mansorandak (Injak Piring) di rumah Victor Fainsenem di kampung Manggonswan Distrik Kep. Aruri Kabupaten Supiori.

Sebelum mengikuti ibadah di Gereja GKI Elim. Di kampung Kampung Manggonswan Distrik Kep. Aruri Kab.Supiori, yang menjadi lokasi peresmian gerjea, RHP bersama Sekertaris DPD Partai Demokrat Papua, Carolus Bolly, disambut  prosesi adat yang disebut Mansorandak (Injak Piring) di rumah Victor Fainsenem.

Sekilas mengenai prosesi adat ini bahwa  Mansorandak atau injak piring umumnya pada suku Biak dilakukan kepada orang yang baru pertama kali datang atau injakan kaki di tempat tersebut dan sudah dilestarikan secara turun temurun. Biasanya pada acara-acara keluarga atau acara resmi selalu dilaksanakan mansorandak sebagai bentuk penghargaan kepada mereka yang datang. (Cel)