BERBAGI
1 Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni dan Forkopimda memberikan keterangan pada wartawan

SUGAPA – Bupati Intan Jaya, Papua, Natalis Tabuni menyebut situasi kamtibmas di daerah dengan ibukota di Sugapa itu mulai berangsur-angsur normal. Hal itu terlihat dari aktifitas masyarakat yang kembali seperti biasa keluar beraktivitas di luar rumah.

Dia akui beberapa pekan terakhir, rentetan kejadian penembakan dan gangguan keamanan dari Kelompok Sipil Bersenjata sempat membuat kondisi keamanan relatif mencekam dan warga takut beraktivitas. Apalagi dengan tewasnya salah satu pendeta di Hitadipa, kian memperkeruh keadaan kamtibmas disana.

“Puji Tuhan sekarang kondisi relatif normal. Kemarin masyarakat sudah kembali beribadah di Gereja, masyarakat berbondong-bondong ke pasar, kios-kios juga sudah buka. Hari Senin juga pesawat melayani penumpang dan barang seperti biasa, guna lebih kondusifkan keamanan  tersebut ,” kata Bupati Natalis, Selasa (29/09/2020) pagi.

Dirinya tak menampik pada Jumat lalu sempat terjadi kontak tembak di bandara Sugapa. Namun, usai itu, kini keadaan keamanan Sugapa, Hitadipa dan Titigi yang menjadi tempat kontak senjata berangsur pulih dan aman.

“Hari ini, Selasa 29 september 2020,  kami akan dilasanakan pertemuan umum  yang melibatkan semua komponen tokoh agama, tokoh masyarakat, kepala  suku, tokoh perempuan, tokoh pemuda  kaum intelektual,  Tni-Polri, Pemda dan juga kurir dari saudara bersenjata yang berseberangan dengan NKRI,  dipimpin oleh Bupati  di ruang pertemuan  halaman Kantor Bupati Intan Jaya, guna mencari solusi  pemulihan keamanan konflik bersenjata di Intan Jaya. Mohon doa  dari semua saudara sekalian, agar dapat  terwujud dengan baik,” urainya. (Cel)