BERBAGI
YAMANDER/WONE  Suasana penutupan Orientasi kegiatan Orientasi Anggota DPRD Kabupaten/Kota se Provinsi Papua Angkatan XI bagi Anggota DPRD Kabupaten Puncak Periode Tahun 2019-2024 di salah satu hotel di Kota Jayapura, Kamis (19/12)
YAMANDER/WONE
Suasana penutupan Orientasi kegiatan Orientasi Anggota DPRD Kabupaten/Kota se Provinsi Papua Angkatan XI bagi Anggota DPRD Kabupaten Puncak Periode Tahun 2019-2024 di salah satu hotel di Kota Jayapura, Kamis (19/12)

JAYAPURA–Orientasi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota se Provinsi Papua Angkatan XI bagi Anggota DPRD Kabupaten Puncak Periode Tahun 2019-2024 yang berlangsung selama beberapa hari di salah satu hotel di Kota Jayapura, resmi ditutup oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP,MH yang diwakili oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, Dr.Zakarias Giay,SKM,M.Kes,MM.

Yang menarik dari penutupan orientasi tersebut adalah tingkat kehadiran anggota DPRD Kabupaten Puncak yang mana mencatat hasil yang membanggakan yakni diatas 50 persen jika di bandingkan dengan periode sebelumnya, maupun kegiatan orientasi yang diikuti oleh anggota DPRD dari kabupaten lainnya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, Dr.Zakarias Giay,SKM,M.Kes,MM menegaskan bahwa tugas dan tanggung jawab anggota DPRD Puncak ke depan adalah tidak mudah sebagai wakil rakyat. ”Anggota dewan ini kan dituntut untuk bersinergi dengan kepala daerah dan jajaran dalam merumuskan dan mengimplementasikan berbagai kebijakan pemerintah, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di daerah,” ungkapnya saat menutup secara resmi Orientasi Anggota DPRD Kabupaten/Kota se Provinsi Papua Angkatan XI bagi Anggota DPRD Kabupaten Puncak Periode Tahun 2019-2024 di salah satu hotel di Kota Jayapura, kemarin.

Kata pria asal Genyem ini, orientasi tersebut merupakan langka awal, agar ke depan para anggota DPRD dapat terus belajar untuk meningkatkan kompetensi agar dapat melaksanakan tugas secara profesional.

Dirinya berharap anggota DPRD Puncak mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan baik, ditunjang dengan kemampuan yang baik dalam mengawal roda pemerintah. ”Mereka harus memiliki kemampuan dan pemahaman yang baik terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris DPRD Kabupaten Puncak, Leonard Antony Hehamahwa,MSi mengaku bangga dengan tingkat kehadiran anggota DPRD Kabupaten Puncak periode 2019-2024 yang mana tingkat kehadiran dalam kegiatan orientasi tersebut di atas 50 persen.

“Dari hari pertama (hingga) terakhir ini, kehadiran dari para anggota dewan ini sesuai dengan harapan kami, kehadiran mereka di atas 50 persen, bahkan tadi saya tanya teman-teman panitia, di mana ini lebih dari para anggota dewan dari kabupaten lainnya,” katanya.

Selain dari sisi kehadiran, Leonard juga menilai anggota DPRD Puncak juga antusias selama mengikuti orientasi tersebut. ”Kami telah mendampingi bapak-bapak anggota DPRD dan mereka sangat antusias. Apalagi mereka yang baru-baru ini kan dari kalanangan anak muda yang tingkat pendidikan cukup baik rata-rata mereka lulusan S1 semua,” pungkasnya.(yan)