BERBAGI
Tim PON Papua For Wone  Foto bersama Tim PON Papua dan Tim Kamasan Tembagapura sebelum menjalani partai uji coba yang berlangsung di lapangan sepakola Argapura, Sabtu (23/11). Tim Sepak Bola PON Papua berhasil menang telak 12-0 atas Tim Kemasan Tembagapura
Tim PON Papua For Wone Foto bersama Tim PON Papua dan Tim Kamasan Tembagapura sebelum menjalani partai uji coba yang berlangsung di lapangan sepakola Argapura, Sabtu (23/11). Tim Sepak Bola PON Papua berhasil menang telak 12-0 atas Tim Kamasan Tembagapura

Kaka Edu Terus Tingkatkan Organisasi Permainan

JAYAPURA-Tim sepak bola Papua yang dipersiapkan tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Bumi Cenderawasih, kembali menunjukan tajinya ketika menggasak Tim Kamasan Tembagapura dengan skor mencolok 12-0 di Lapangan Argapura, Sabtu (23/11). Meski menang telak tim yang diarsiteki legenda hidup Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam terus memperbaiki organisasi permainan tim.

“Jadi memang kita dalam tahap pembenahan tim, (sehingga) kami menerima tantangan dari Tim Kamasan Tembagapura, memang kami juga sering berujicoba dengan tim-tim lokal yang ada di Jayapura, saya pikir anak-anak butuh penyegaran, termasuk bermain dengan tim dari daerah lain di Papua. Ini jadi motivasi, apalagi kita evaluasi permainan selama seminggu,” ungkap pelatih sepak bola Tim PON Papua, Eduard Ivakdalam kepada Harian Wone di Lapangan Argapura.

Kaka Edu sapaan akrabnya menjelaskan, dirinya mengevaluasi periodesasi tim setiap pekan dan setiap akhir pekan, di mana hasil uji coba tersebut dapat dievaluasi kembali, apa tim mampu melahap dan menjalankan instruksi pelatih atau tidak.

“Pertandingan hari ini (Sabtu,red), kita sudah masuk di taktik dan strategi sekarang kita drill lagi dengan game yaitu tahap uji coba. Nah, uji coba ini termasuk dengan tim-tim lokal di Jayapura, jadi saya lihat program sudah berjalan dengan baik selama 6 bulan ini, di mana kita sudah tur ke beberapa kota di antaranya Timika, Merauke dan Biak, dimana kita mengurangi 9 pemain, tetapi dari hasil tur kita dapat tambahan pemain. Dimana ada 2 pemain dari Merauke dan 1 pemain dari Persipura U-20 yakni penjaga gawang, karena pelatih kiper juga melepas 3 penjaga gawang,” jelasnya.

Mantan Pemain Persipura ini mengakui, perkembangan tim sejauh ini sangat luar biasa, apalagi dengan pertandingan melawan tim Kamasan Tembagapura, para pemain memiliki motivasi tambahan.

“Saya selalu menanamkan bahwa kita ini Timnas Papua yang akan dipersiapkan untuk PON 2020, ini hampir gabungan dari pemain yang berasal dari seluruh daerah di Papua. Hal ini kita lakukan agar kita bisa di-support oleh masyarakat pecinta sepak bola di Tanah Papua,” bebernya.

Peningkatan grafik permainan tim ini, ujar Eduard Ivakdalam, harus terus ditingkatkan mengingat ajang sesungguhnya adalah PON XX Tahun 2020 yang berlangsung di Papua. Dari hasil evaluasi, Eduard tentu harus menyiapkan strategi matang untuk secara intens dilaksanakan oleh para pemain ketika bertarung di lapangan.

“Kita harus terus mengevaluasi, karena dengan permainan terbaik ini yang membuat penikmat sepak bola bisa hadir di lapangan dan memberikan dukungan kepada para pemain, artinya mereka harus terus bersemangat, di mana saya menargetkan setiap uji coba harus menang dengan skor yang meyakinkan, (sehingga) secara intens kita bisa menaikan level permainan anak-anak,”pungkasnya.(yan)