BERBAGI
Salah Satu peserta lomba yang digelar Rumah belajar Hei Yapen

SERUI – Guna mengasah minat dan pengembangan bakat anak usia Sekolah di Kabupaten Kepulauan Yapen, pihak Rumah Belajar Papua ‘Hei Yapen” menggelar Sejumlah perlombaan yang mengambil tempat di halaman LPP RRI kota Serui, Sabtu (02/11).

Nurwahadi selaku ketua panita jelaskan lomba yang di ikuti dari anak didik sekolah tingkat SD sampai SMA tersebut juga dalam rangkaian peringatan hari sumpah pemuda, dimana tetap rasa jiwa kebanggsaan harus ada sampai seterusnya.

“Serta tentunya untuk dapat mengasah kemampuan peserta dalam bakat yang di miliki,” ujarnya.

Nurwahadi menyebut ada empat kategori lomba yang digelar, yakni yaitu lomba cerpen untuk umum, lomba cipta pidato tingkat SMA, lomba mendongeng tingkat SMP dan lomba cipta puisi tingkat kelas 46 SD, serta dilakukannya deklarasi sumpah pemuda bagi anak didik kelas 1-3 SD.

Sisi lain pada kegiatan ini, lanjut dia, guna mengembangkan kembali literasi anak muda bagi Bangsa dengan harapan besar dapat mengamalkan nilai sumpah pemuda.

“Jiwa anak muda jiwa yang masih bergelorah, ini tantangan kita agar bagaimana dalam kehidupan sehari-hari kita dapat mengamalkan arti dari sumpah pemuda,” ujarnya.

Salah Satu peserta lomba yang digelar Rumah belajar Hei Yapen

Di tempat yang terpisah Ratna Catur Hastuti Pulung pendiri “Papua Hei” melalui Laura Siagian selaku koordinator lapangan Papua Hei mengapresiasi panitia dan peserta lomba yang berjumlah sekitar 130 orang dari berbagai sekolah yang ada di kota Serui.

“Antusias mereka sangat tinggi dan dari guru-guru mereka pun katakan kalau mereka sangat membutuhkan wadah dalam menyalurkan bakat juga minat anak-anak,” tuturnya.

Untuk itu di harapkan dengan lomba ini,  munculah berbagai bibit-bibit unggul mutiara-mutiara papua guna di asa lebih kembali.

“kedepannya harapan besar kami para anak-anak ini dapat bersaing dengan daerah lain juga bagi para pemenang akan di tampilkan dalam berbagai kegiatan di kabupaten,” tandas Laura.

Sementara itu, Ina salah satu guru dari SD Katolik Serui mengaku sangat senang dengan lomba-lomba yang dilakukan.

“Ini sangat baik sejak dini dapat melatih keberanian anak untuk tampil depan umum, meningkatkan bakat, dan beberapa hal lainnya. Melalui kegiatan ini maka karakter anak akan secara sendiri terbentuk,” singkatnya.

Dari informasi data yang di peroleh jumlah peserta dari tingkat SD 30, SMP 20, SMA 7 dan selebihnya dari peserta kategori umum. (Herman)