BERBAGI
Suasana Pelaksanaan Sensus Barang di Pemkab Kepulauan Yapen

SERUI – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen menggelar kegiatan pelaksanaan sensus Barang Milik Tahap I yang berlangsung di gedung Silas Papare Serui, Kamis (24/10).

Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar yang diwakili Sekretaris Daerah, Alexander Nussy dalam sambutannya menjelaskan, pertemuan tersebut sebagai tindaklanjut arahan Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) tentang aset daerah, guna dapat menyiapkan laporan aset yang ada.

Menurut Alexander Nussy, pengumpulan data ini nantinya untuk dilaporkan pada KPK di Jayapura pada tanggal 11 dan 12 November 2019 mendatang.

“Apa yang diminta oleh KPK harus dapat ditindak lanjuti dengan baik. Untuk itu, pengumpulan data dari setiap OPD harus dengan serius serta detail. Sebab, data tersebut sudah ada di KPK dan mereka akan meninjau kembali,” urainya.

Dikemukakan Alexander, dalam pemilikan barang akan dilakukan penilaian oleh panitia daerah, dimana jika yang terkait tidak memiliki hak untuk memiliki, maka tidak dapat menerimanya.

Sementara Kepala Badan Keuangan Pendapatan Daerah (BKPD) Kepulauan Yapen, Ronny Theo Ayorbaba mengaku telah menyurati seluruh Dinas untuk memberikan data aset-aset negara yang ada, termasuk kendaraan-kendaraan yang pada tanggal 11 dan 12 november 2019 akan dilaporkan di Jayapura.

“Tahun 2018 kemarin KPK sudah melakukan audit kepada kita dan telah berikan untuk lakukan sensus barang,” tandasnya.

Menurut Ronny, untuk ketentuan yang KPK berikan kepada pemerintah Kepulauan Yapen yakni pengurusan barang untuk lebih insentif, serta awal tahun 2019 ini telah melakukan pelatihan dengan KPK bersama para SKPD agar lebih memahami dalam melakukan sensus barang.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini dapat diterima oleh panitia, karena tidak dilihat dari neraca tapi data yang kita berikan,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan antara lain asissten III  Setda Kepulauan Yapen, para kepala dinas dan jajaran, pemerintah distrik, serta tamu undangan lainnya. (Herman)