BERBAGI
Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa saat mengukuhkan pasukan pengibar bendera Merah Putih kabupen Mamberamo Raya tahun 2019

BURMESO – Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa hadir dan memimpin langsung Pngukuhan Pasukan Pengibar Bendera alias Paskibra yang bakal menaikan dan menurunkan bendera merah putih saat upacara HUT RI ke-74. tingkat kabupaten dengan ibukota di Burmeso itu.

Bertempat di Burmeso, Jumat 16 Agustus 2019, Bupati Dasinapa disela pengukuhan Paskibra menuturkan, peristiwa pengukuhan malam hari itu memiliki arti yang amat penting karena membangun bangsa Indonesia secara umum dan Kabupaten Mamberamo Raya memerlukan penyiapan Sumberdaya Manusia Indonesia yang memiliki kualitas, disiplin tinggi, loyalitas, tangguh dan kompak. Karenanya momentum ini menjadi Energi positif bagi saudara- saudara sebagai generasi muda untuk mempersiapkan diri kedepan bekerja membangun masyarakat Indoneia lebih baik lagi.

“Ketika bangsa ini dijajah oleh kolonial maka semua komponen waktu itu bersepakat bahwa hanya melalui kerjasama yang kompak mereka dapat mengusir penjajah yang kemudian melahirkan kemerdekaan yang sudah kita diraih 74 tahun yang lalu,” ujarnya.

Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa saat mengukuhkan pasukan pengibar bendera Merah Putih kabupen Mamberamo Raya tahun 2019

Dia menjelaskan, kerjasama sebagaimana disebutkan diatas harus tercermin dalam gerak langkah kelompok Paskibra yang dikukuhkan saat ini. Malam ini saudara-saudara dikukuhkan itu berarti saudara sedang dipersiapkan secara khusus untuk mengemban tugas khusus.

Dikemukakan Bupati Dorinus lagi, dalam peta pembangunan Nasional, Wilayah Kabupaten Mamberamo Raya termasuk dalam Wilayah 3 T (Tertinggal, Terisolir, Terbelakang).

Sehingga, Predikat yang diberikan itu perlu diubah sehingga menjadi wilayah yang Maju, Terbuka dan terdepan, wilayah yang memiliki generasi muda yang pintar, cekatan, memiliki daya saing yang tinggi diberbagai bidang sesuai Visi/Misi pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya.

Dirinya dalam kesempatan itu mengajak semua pihak, untuk bersama-sama membalikan peta 3T tersebut dari Mamberamo Raya.

Sementara kepada para Paskinbra yang akan bertugas, lanjut Bupati Dasinapa, tujuan terbentuknya Paskibra tidak sekedar mengawal, menaikkan serta menurunkan. Tetapi, sedang dipersiapkan dan dibentuk dengan beberapa tujuan yaitu pertama Menghimpun dan membina para anggota agar menjadi warga negara Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa patuh pada Negara Kesatun RI dan dan Pancasila, setia

“Ketika saudara selesai bertugas besok tanggal 17 Agustus 2019 dalam mengawal, mengibarkan dan menurunkan Sang Saka Merah Putih bukan berarti tugas itu sudah selesai. Tetapi menjadi awal dari tanggungjawab besar yang diberikan negara dan bangsa, Pemerintah Daerah Kabupaten Mamberamo Raya, serta keluarga dan diri anda sendiri,” paparnya.

Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa menyalami pasukan pengibar bendera Merah Putih kabupen Mamberamo Raya tahun 2019 usai pengukuhan.

“Sekali lagi saya sampaikan bahwa momen ini penting karena kita sedang berada dalam kondisi krisis kepemimpinan. Saat ini kita butuh tokoh-tokoh pemuda yang berani, mandiri, serta memiliki fighting spirit. Tidak sebagai pemuda yang meminta-minta dan tergantung kepada pengasihan orang lain, melainkan harus tampil sebagai semangat gotongroyong , jiwa pemuda memiliki yang berkorban tanpa menuntut balasan sehingga turut mendorong kemandirian masyarakat untuk berdikari dan berkarya mencapai kesejahteraan,” sambungnya.

Saya berharap agar kita bangun kebersamaan dan kekompakan diantara kita. Karena kondisi wilayah Mamberamo Raya yang sangat sulit baik alam dan masyarakatnya menuntut kita untuk bersinergi diantara semua pimpinan OPD dan stakeholder lainnya bahkan masyarakat,” kata Bupati mengakhiri. (Humas)