BERBAGI
Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa dan rombongan Forkopimda meninjau salah satu stand pameran

BURMESO : Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, Aks. S.Sos secara resmi membuka pameran data dan informasi pemerintah kabupaten Mamberamo Raya (Mamra) sekaligus sebagai rangkaian perayaan HUT RI ke-74 tahun di Burmeso, Ibu kota Kabupaten Mamberamo Raya, Senin 12 Agustus 2019.

Menurut Bupati Dasinapa, Pameran pembangunan yang digagas oleh Diskomindo Mamra itu, merupakan yang pertama kali dalam kepemimpinannya bersama wakil Bupati Yakobus Britai, sehingga memiliki arti penting dan strategis.

“Penting karena melalui sajian informasi yang kita sampaikan akan tergambar siapa diri kita sesungguhnya. Pameran kali ini lebih berfokus pada penyajian data atau informasi. Artinya, apa yang selama ini setiap OPD, Kepala Distrik dan kepala Kampung kerjakan harus tergambar dengan jelas sehingga diketahui bahkan dikoreksi oleh masyarakat.  Bagian ini penting sebab ketika kita menutup diri dan tidak memberi ruang untuk dikoreksi oleh orang lain maka kita sendiri tidak mengetahui apa kekurangan kita,” urainya.

Suasana pembukaan pameran data dan informasi kabupaten Mamberamo Raya

Dia kemukakan, UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik Bab IV bagian kesatu mengatakan: “Setiap Badan Publik Wajib mengumumkan informasi publik secara berkala. Informasi publik tersebut meliputi informasi yang berkaitan dengan badan publik serta informasi mengenai kegiatan dan kinerja badan Publik. Bagian inilah yang saat ini sedang kita laksanakan dalam Pameran Data/Informasi ini.

Dengan demikian, ujar Bupari Dasinapa, pameran data dan informasi tersebut juga sebagai wadah atau tempat untuk saling tukar menukar informasi, sehingga masyarakat tidak menerima informasi di “pinggir jalan” atau melalui mulut orang yang tidak tepat. Tetapi, mendapat informasi yang resmi dan tepat dari sumber yang resmi dan terpercaya.

“Maka disetiap stand ada penjaga-penjaga stand yang saya berharap harus mampu memberikan penjelasan atau informasi yang jelas dan lengkap kepada para pengunjung atau masyarakat. Saya telah mengarahkan Dinas Kominfo dan Panitia HUT agar apa yang disajikan berdasarkan indikator-indikator capaian yang terukur sesuai format isian yang sudah disampaikan kepada masing-masing OPD,” kata dia.

“Itu artinya bahwa kita menyelenggarakan kegiatan ini dengan sasaran yang jelas yaitu mendapatkan informasi dan ukuran capaian yang jelas pula. Dalam sajian data tersebut diminta untuk sejujurnya menginformasikan apa adanya,” sambung Bupati Dasinapa.

Masih menurut Bupati Mamra, Dorinus Dasinapa, niat pemerintah daerah menggelar pameran data dan Informasi itu, selain sebagai ajang memperoleh informasi, tetapi sekaligus dijadikan media hiburan. Hal itu juga terlihat dari disiapkannya panggung hiburan rakyat agar diisi oleh masyarakat juga pimpinan dan staf dari masing-masing OPD.

“Silahkan mengekspresikan kegembiraan saudara diatas panggung ini. Panggung ini terbuka umum untuk merayakan hari ulang tahun kita. Diatas panggung hiburan ini juga akan dilaksanakan lomba Cerdas Cermat antar Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dengan materi Perda yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa dan rombongan Forkopimda meninjau salah satu stand pameran

Ungkap Bupati, salah satu materi cerdas cermat Perda Nomor 15 tahun 2011 tentang Larangan Pemasukan, Penyimpanan, Pengedaran dan Penjualan serta Memproduksi Minuman Beralkohol Juga UU Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) serta Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Sesungguhnya, tutur Bupati Dorinus, Kegiatan ini sesungguhnya adalah sosialisasi peraturan daerah tetapi kita kemas dalam bentuk lomba.  Selain itu juga ada kuis-kuis berhadiah dari stand pameran masing-masing OPD. Saya berharap moment ini dijadikan media untuk mendapat informasi yang benar juga menghibur rakyat tetapi sekaligus  masyarakat mendapatkan hadiah-hadiah dari masing-masing OPD.

“saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Panitia HUT 17 Agustus tahun 2019 bersama seluruh anggota dan juga Dinas Kominfo bersama staf yang telah mempersiapkan Pameran dan panggung hiburan ini serta seluruh pimpinan OPD, dan juga mama-mama yang telah mengisi stand-stand yang saat ini telah tersedia,” pungkasnya. (Humas)