BERBAGI
General Manager Marketing Operation Region VIII PT Pertamina (Persero), Gema Iriandus Pahalawan

JAYAPURA– Dalam rangka mendorong penggunaan musicool di wilayah operasional Pertamina MOR VIII, baru-baru ini Pertamina menggelar sosialisasi refrigeran ramah lingkungan musicool.
General Manager Marketing Operation Region VIII PT Pertamina (Persero), Gema Iriandus Pahalawan, mengatakan bahwa Pertamina terus berinovasi menghasilkan produk-produk ramah lingkungan, salah satunya adalah refrigeran Musicool.

“Selama ini AC (air conditioning) menggunakan pendingin chemical, namun musicool hadir sebagai pendingin lebih ramah lingkungan,” ungkapnya.
Pertamina, lanjutnya, terus berupaya mendorong penggunaan musicool di wilayah operasional Pertamina MOR VIII agar semakin banyak lagi yang menggunakan bahan pendingin ramah lingkungan.

Suasana sosialisasi refrigeran ramah lingkungan musicool

“Selain itu, musicool juga memberikan benefit berupa penghematan konsumsi energi/listrik yang cukup signifikan, berkisar 10 – 20% dari penggunaan refrigeran sintetik sebelumnya,” katanya.
Penggunaan musicool mendukung program pemerintah dalam pelestarian lingkungan sesuai dengan UU No.41 tahun 2014. Musicool merupakan bahan refrigeran yang aman karena bukan merupakan Bahan Perusak Ozon (non BPO) dan bukan bahan penyebab Gas Rumah Kaca (Non GRK) sehingga tidak menimbulkan efek pemanasan global.
Bahan pendingin ini diproduksi di kilang Pertamina Refinery Unit III Plaju. Nama Musicool diambil dari nama Sungai Musi, tempat produksi dari produk pendingin ini.
Sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan dari instansi maskapai penerbangan, Pos Indonesia, dan perhotelan wilayah Jayapura.(mia)