BERBAGI

Sejahterakan Keluarga  Melalui Kampung KB

Sejahterakan Keluarga Melalui Kampung KB (2)
Ibu Rumah Tangga (IRT) Distrik Yawa Kukat Kabupaten Kepulauan Yapen saat foto bersama Bidang KB BKKBN Kabupaten Kepulauan Yapen

SERUI – Program Kampung Keluarga Berencana (KB) terus digalakkan Pemerintah merupakan salah satu inovasi prioritas diharapkan dapat mensejahterakan keluarga.

“Kami mempunyai kewajiban memberikan informasi kepada keluarga agar kedepan bisa membentuk keluarga yang berkualitas,” ujar Kepala Bidang KB Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Yapen, Rosmina Fonataba kepada SKH WONE diselah-selah kegiatan edukasi dan refresing dihadiri kaum hawa (IRT) Distrik Yawa Kukat berlangsung di Balai Kampung Kabuena, Kamis (1/7).

Rosmina Fonataba menjelaskan, kegiatan edukasi dan refreshing 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) bagi ibu dan keluarga kampung KB berbasis Triguna harus tetap dilakukan pada kampung KB.

Salah satu pembawa materi menjelaskan kepada ibu-ibu rumah tangga tetang Kampung KB di Distrik Yawa Kukat

Dikatakanya, dengan memberikan informasi pengetahuan, akan melahirkan generasi penerus yang berkwalitas. “Tujuan program KB sangat jelas untuk membuat suatu kemajuan terlebih bagi para generasi penerus,” katanya.

Rosmina lebih lanjut menjelaskan, peserta diberikan beberapa materi-materi antara lain 1000 hari pertama kehidupan (HPK), 8 fungsi keluarga, hindari 4 terlalu,  alat-alat KB, tugas kelompok kerja Kampung KB dan ketahanan keluarga dalam kelompok Tribina.

Selain itu, lanjutnya mengatakan bahwa,  dalam keluarga, dapat membina remaja, membina balita, dan juga membina lansia di kampung tersebut dengan maksud dapat menjadi kampung KB sesuai harapan Pemerintah Daerah.

Disisi lain dikatakan, masih banyaknya keluarga terlebih IRT belum mengetahui Kampung KB, bahkan hanya mendengarkan informasi bukan dari sasaran yang tepat.

Dijelaskannya bahwa, untuk mengetahui Kampung KB, warga tidak tanyak langsung pada BKKBN, namun pada orang lain, sehinnga membuat kurang memahami apa itu Kampung KB.

Oleh karena itu, Rosmina menghimbau kepada masyarakat agar dapat mendukung program pemerintah. Begitu juga apabila ingin mengetahui tetang Kampung KB agar dapat bertanya kepada orang yang tepat.(her/pel)