BERBAGI

Wara Distrik Poom Antusias Berobat di Rumah Sakit Apung

Wara Distrik Poom Antusias Berobat di Rumah Sakit Apung
Caption Foto: Ass II Setda Yapen, Gokman Simbolon, Dirut Polairud Polda Papua, Kombes Pol. Yulius Bambang saat mengunjungi tenda tim doctorSHARE sedang memeriksa kesehatan kepada masyarakat Distrik Poom, Yapen Utara, Kabupaten Kepulauan Yapen

SERUI – Rumah Sakit Apung (RSA) dr. Lie Dharmawan doctorSHARE melaksanakan pelayanan medis cuma-cuma di Distrik Poom, Yapen Utara, Kabupaten Kepulauan Yapen. Warga sangat antusias berobat garis di RSA diatas Kapal Motor (KM) berbobot panjangnya sekitar 23 meter, tonase 114 GT, serta tonase bersih 35 NT.

Saat melaksanakan pelayanan gratis kepada warga Distrik Poom, Yapen Utara, doctorSHARE terdiri beberapa dokter dari Jakarta bergabung dengan dokter di RSUD Serui.

Bupati Kabupaten Yapen Tonny Tesar diwakili Asissten II Setda Yapen, Gokman Simbolon mengunjungi secara langsung kegiatan pelayanan gratis, mengucapkan terima kasih kepada tim dokter dari Rumah Sakit Apung dr. Lie Dharmawan.

“Kami menyampaikan terima kasih, semoga pelayanan gartis ini mendapatkan berkat baik masyarakat maupun petugas yang ada diatas kapal ini,” ujar Gokman Simbolon saat mengunjungi Kapal Rumah Sakit Apung saat pelayanan kesehatan belum lama ini.

Gokman mengatakan, dari pemantauan secara langsung, antusias masyarakat sangat tinggi sekali dan ia berharap kedepan bisa datang kembali. “Di kampung lain di daerah sangat membutuhkan pelayanan kesehatan, semonga bisa kembali lagi pelayanan kesehatan gratis di daerah ini,’’ harap Sombolin.

Wara Distrik Poom Antusias Berobat di Rumah Sakit Apung
Caption Foto: Kapolres Yapen AKBP Penri Erison, Ass II Gokman Simbolon, Dirut Polairud Polda Papua Kombes Pol. Yulius Bambang, Kadiskes Yapen Karolis Tanawani, SKM, MPH dan Kepala Distrik Poom, saat berada diatas KM RSA dr. Lie Dharmawan

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Rudolf Albert Rodja melalui Kombes Pol. Yulius Bambang Dir Polairud Polda Papua yang ikut bersama rombongan doctorSHARE menyampaikan bahwa pelayanan ini merupakan komitmen dari Polri juga program kerja.

“Kami dengan doctorSHARE sama mempunyai komitmen kesehatan juga pemerintah telah bekerja sama dan saat ini dilaksanakan di Distrik Poom juga nanti diseluruh wilayah pesisir Papua,’’ ujarnya kepada wartawan SKH WONE.

Dijelaskannya, sebelum pelayanan kesehatan cuma-cuma di Kabupaten Kepulauan Yapen RSA telah melaksanakan pelayanan kesehatan di Asmat, Timika, Biak, Padaido dan beberapa daerah lainnya.

Kapal Rumah Sakit Apung dr. Lie Dharmawan
Foto: doctorshare.org

“Kita mencoba bersinergi dengan berbagai pihak untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada warga Papua,’’ ujar Kombes Pol. Yulius Bambang ’

Untuk jumlah tim medis, satu tim terdiri dari tim dokter yang tergabung dari tim Polda Papua, Polres Yapen, tim doctorSHARE dengan jumlah total sekitar 100 orang.

Sementara itu, Kapolres Yapen AKBP Penri Erison menyampaikan sangat mendukung kegiatan ini dimana sangat bermanfaat bagi kesehatan warga Yapen sendiri.

“Untuk membantu kami dari Polres Yapen juga melibatkan tim medis dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan,’’ ungkapnya..

Kaplres AKBP. Penri Erison mengatakan, selama ini masyarakat ingin untuk mendapatkan pelayanan kesehatan namun akses menuju ke kota sangag jauh. “Mereka jauh dari pusat keramaian akses tempuh juga jauh baik lewat darat maupun Laut sehingga dengan adanya pelayanan RSA ini sangat terbantu sekali bagi warga dipesisir Yapen,” ujar AKBP Penri Erison.

Sementara itu koordinator doctorSHERE, dr. Mike memaparkan bahwa Rumah Sakit Apung ini akan menempuh ke daerah-daerah terpencil seluruh Indonesia dengan cara jemput bola. “Prinsipnya kita datang jemput bola (datang langsung pelayanan kesehatan warga) kita menangani sebisa mungkin yang dapat kami lakukan,” kata dr. Mike yang merupakan dokter bedah ini di RSA.(her/pel