BERBAGI

UPTD Koya Barat Perlu Perdakan

UPTD Koya Barat, Perlu Perdakan
BTM saat memberikan sambutan

JAYAPURA – Dekatkan pelayanan kepada masyarakat, Unit Pelaksana Teknis Dispendukcapil (UPTD) di Kantor Kelurahan Koya Barat resmi dibuka Wali Kota Jayapura, Dr Benhur Tomi Mano, MM. UPTD telah beroperasi selama kurang lebih 4 tahun setelah disahkan dalam Peraturan Wali Kota Jayapura, akan diperdakan.

“Untuk itu saya berikan waktu satu Minggu untuk bisa dikaji (Perda) karena sudah 4 tahun berjalan dan luar biasa sudah dibangun infrastrukturnya,” ungkap Benhur Tomi Mano saat meresmikan UPTD Koya Barat, Distrik Muara Tami, Selasa (23/7).

Benhur menjelaskan, dari sisi inflastruktur hingga SDM serta peralatan pendukung sudah memadai. Tinggal meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah perbatasan.

“Diharapkan dengan UPTD ini, dapat memudahkan masyarakat di Distrik Muara Tami, secara ekonomi tidak mengeluarkan biaya transportasi dan tidak meninggalkan pekerjaan sehari-hari, “katanya.

Sementara itu, Kadispendukcapil Kota Jayapura, Dr Merlan S Uloli, MM mengatakan, sebelum menjadi UPTD, pihaknya menjalankan pelayanan dalam wujud Pra UPTD Koya Barat. “Awalnya Dinas hanya bermodal alat rekam dan 3 orang staf dan menumpang di Kantor Kelurahan Koya Barat,’’ ungkapnya.

“Tugas mereka hanya mengumpulkan dan membawanya ke Dispendukcapil. Setelah diproses baru dikembalikan ke Kantor Lurah. Hal ini membutuhkan waktu yang panjang dan rumit, oleh sebab dengan dibuka UPTD, maka seluruh proses tersebut bisa dilakukan disini,” jelasnya.(fid)