BERBAGI

Jaga Kekebalan Tubuh, Anak Wajib Imunisasi

Jaga Kekebalan Tubuh, Anak Wajib Imunisasi
Foto arsip SKH WONE: Pelayanan Imunisasi kepada anak-anak Kabupaten Kepulauan Yapen. Agar anak-anak Yapen tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, diharapkan orang tua membawa anaknya untuk di imunisasi

SERUI – Apakah anak anda sudah imunisasi lengkap? Untuk itu Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Karolis Tanawani, SKM, MPH menghibau orang tua wajib membawa anaknya mulai dari nol bulan sampai satu Tahun mendapatkan imunisasi campak.

“Imunisasi harus didapat si kecil semenjak ia baru lahir untuk mencegah risiko penularan penyakit berbahaya dikemudian hari,’’ ungkap Karolis Tanawani kepada wartawan SKH WONE ketika ditemuai di ruang kerjanya belum lama ini.

Karolis Tanawani menjelaskan, Imunisasi adalah cara memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga anak kebal akan serangan kuman penyakit, baik bakteri, virus, jamur, parasit, dan lainnya. “Nah dengan imunisasi, artinya anda melindungi buah hati (anak) anda dari berbagai risiko penyakit dimasa yang akan datang,’’ tegas Tanawani mengingatkan.

Dijelaskanya, imunisasi untuk membentuk antibodi secara spesifik akan bekerja melawan jenis kuman sehingga suatu saat nanti ada kuman yang aktif masuk ke dalam tubuh anak, sistem imunnya akan siap membunuhnya dengan antibodi khusus tersebut.

“Debfab memberikan imunisasi lengkap kepada anak, maka telah menyiapkan generasi penerus yang lebih baik. Namun jika anak kita tidak di imunisasi maka kedepan akan mengalami bahaya terserang penyakit,’’ tutupnya.(her/pel)