BERBAGI
Herry Dosinaen

JAYAPURA — Pemerintah Daerah, baik   Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Papua, akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya, Pemerintah  Pusat segera mencairkan dana Otsus Papua tahun  2019 sebesar Rp 5,850 Triliun.

Demikian disampaikan Sekda Papua TEA Hery Dosinaen, SIP, MKP, MSi, usai membuka Diskusi Publik Keterbukaan Informasi Publik dan Akselerasi Pembangunan Papua di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, Jayapura, Kamis (18/7).

Sekda Papua TEA Hery Dosinaen mengatakan pihaknya telah menerima laporan dari  Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah  (BPKAD) Provinsi Papua DR. Muhammad Rumasukun, SE, MSi, bahwa perjuangan untuk  pencairan dana Otsus di Kementerian Keuangan RI sudah tuntas.

Menurut Sekda, setelah Kementerian Keuangan RI transfer dana Otsus ke Provinsi akan langsung ditransfer ke Kabupaten/Kota.   Mudah- mudahan segera ditransfer dan tentunya ini terdistribusi ke Kabupaten/ Kota, untuk penyelenggaraan pemerintahan, khususnya pembangunan di Provinsi Papua,” ujar Sekda.

“Kami harap proyek dan program yang pembiayaannya bersumber dari Dana Otsus bisa segera dijalankan Pemkab dan Pemkot,” jelasnya.

Jika dana Otsus sudah dicairkan 100 persen, terang Sekda, maka hal ini akan mempengaruhi  daya serap anggaran, yang sebelumnya hanya 32 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua.

Sebelumnnya, Kepala Bappeda Papua DR. Muhammad Musa’ad, SE, MSi   menyatakan, selain itu, pemerintah pusat  juga akan mengucurkan  Dana Tambahan Otsus (DTO)  bidang infrastruktur sebesar  Rp 2,824 Triliun kepada Provinsi Papua.

“Dari besaran DTO senilai Rp 2,824 Triliun itu, 38 persen akan digunakan untuk membiayai pembangunan venue PON XX Papua,” pungkas Musa’ad. (mdc)