BERBAGI

HUT Bhayangkara ke 73, Presiden: Jangan Cepat Puas Diri

HUT Bhayangkara ke 73, Presiden Jangan Cepat Puas Diri
Bupati Yapen Tonny Tesar didampingi Kapolres Yapen, Kajari Serui, Dandim 1709/YAWA dan Ketua Pengadilan Serui usai upacara peringatan HUT Bhayangkara ke 73 Tahun di Polsek Yapen Timur

SERUI – Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, apa yang selama ini telah dicapai Polri, untuk tidak langsung puas namun sebaliknya menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Presiden Jokowi mengatakan, kedepan, tantangan akan dihadapi Polri memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks. “Maka jangan cepat puas diri,” pesan Presiden Jokowi melalui sambutan tertulisnya dibacakan Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 73, Tahun 2019 yang diperingati jajaran Polres Kabupaten Kepulauan Yapen di halaman Polsek Dawai, Distrik Yapen Timur, Rabu (10/7).

Bertindak sebagai inspektur Upacara, Bupati Tonny Tesar mengingatkan bahwa ancaman terorisme dan radikalisme menjadi potensi bagi stabilitas keamanan dalam negeri serta pesatnya perkembangan teknologi informasi juga mendorong semakin besar dalam beragamnya potensi kejahatan diruang siber.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi lebih lanjut dalam sambutan tertulisnya dibacakan Bupati Yapen Tonny Tesar menyampaikan ucapan terima kasih serta memberikan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan dan perjuangan tanpa mengenal lelah yang ditunjukan oleh personil Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman kepada masyarakat.

“Kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang Tahun 2018 hingga 2019 terpelihara dengan baik,” ujar Bupati Tonny Tesar.

Tonny Tesar lebih lanjut mengatakan bahwa, berbagai kegiatan Internasional telah dilaksanakan diantaranya Asian Games, Asian Para Games, serta IMF – World Bank Annual Meeting 2018 juga, dalam perayaan Natal 2018, memasuki Tahun Baru 2019 dan yang baru dilaksanakan adalah Pilpres dan Pileg dimana kesemuanya berjalan dengan baik, aman dan kondusif, hal itu tidak terlepas dari kesiap-siagaan Polri dan TNI.

Selain itu, lanjut Bupati, Polri telah banyak mengungkap berbagai kejahatan mulai dari kejahatan konvesional yang meresahkan masyarakat, kejahatan lintas negara seperti Terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, dan kejahatan siber. “Ada pula kejahatan yang telah diungkap diantaranya, kejahatan berimplikasi kontinjensi, serta kejahatan terhadap kekayaan negara,’’ jelasnya.

Mengenai pengelolaan organisasi ditubuh Polri, Polri sangat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan Polri meraih wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) selama enam tahun berturut-turut.

Oleh karena itu, apa yang telah dicapai selama ini oleh Polri, kedepan untuk terus ditingkatkan sehingga kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat.

Diakhir sambutan, Presiden Jokowi melalui Bupati Tonny Tesar menginstruksikan, pertama, agar Polri dapat terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan dalam bertugas.

Kedua, Polri terus mengedepankan staregi pemolisian proaktif dan tingkatkan humanis dalam mencegah menangani berbagai permasalahan sosial dalam kehidupan masyarakat, ketiga terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, keempat tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan dan berkeadilan, dan instruksi kelima terus perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah serta masyarakat.

Disela-sela Upacara, dilanjutkan dengan ramah tamah, Kapolres AKBP Penri Erison, Wakapolres Kompol Martha S. Tolau, para perwira, jajaran anggota Polri, serta Fokopimda setempat.(her/pel)