BERBAGI
Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa, AKs, SSos didampingi Wabup Yakobus Britay, SIP usai rapat penyusunan rencana kerja dan anggaran perubahan kabupaten Mamberamo Raya tahun anggaran 2019 di Hotel Front One, Jayapura, Kamis (13/6). (FOTO: Muhammad Sabri Kono)

JAYAPURA— Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun anggaran 2019, Pemkab  Mamberomo Raya tak ada perubahan anggaran.

Demikian disampaikan Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa, AKs, SSos, usai  memimpin rapat penyusunan rencana  kerja dan anggaran perubahan Kabupaten Mamberamo Raya tahun anggaran  2019 di Hotel Front One, Jayapura, Kamis (13/6) lalu.

Rapar ini menindaklanjuti Surat Bupati Mamberamo Raya Nomor 131/19/BUB/V/2019 Tentang Penyusunan Rencana  Kerja dan Anggaran Perubahan Kabupaten Mamberamo Raya Tahun Anggaran  2019.

Kegiatan ini dihadari Wabup Mamberamo Raya  Yakobus Britay, SIP dan para pimpinan OPD di Pemkab Mamberamo Raya.

Bupati menjelaskan,  pihaknya memutuskan untuk APBD-P tahun anggaran 2019, tak ada perubahan anggaran. Pasalnya, pekerjaan tahun anggaran 2019 belum seluruhnya terealisasi, sehingga dalam penggunaan anggaran.

“Kami berasumsi tak ada perubahan anggaran.  Oleh karena itu, kami akan menindaklanjuti temuan dari pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018, sehingga  temuan ini bisa direspon. Jangan dibiarkan, karena waktu menentukan hasil,” tuturnya.

Ia mengharapkan,  agar pembahasan materi APBD-P tahun anggaran 2019 bisa dilaksanakan bersama DPRD Mamberamo Raya, dalam waktu dekat ini.

Monitoring Meja

Sementara itu, Plt. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah  (BPKAD) Kabupaten Mamberamo Raya, Simon Rahametan menambahkan, pihaknya akan menindaklanjuti pertemuan tersebut  dengan monitoring meja.

“Jadi, apa yang disampaikan Pak Bupati menyangkut APBD-P itu, kita harus monitoring meja untuk mengetahui progres penyerapan anggaran 2018 itu berapa? Misalnya Dinas Pekerjaan Umum dapat Rp 10 Miliar, penyerapan anggarannya berapa? Jika mereka ajukan penambahan anggaran lagi, ya kita harus lihat,” tegas dia.

Yang jelas, kata Rahametan, jika memang perlu dilakukan evaluasi semua SKPD dan saat ini memang tahapannya semua SKPD hanya kumpul membahas tak ada penambahan anggaran dalam APBD-P Pemkab Mamberamo Raya.

“Selanjutnya, ada pentahapan bersama Pak Sekda,  karena Pak Sekda belum hadir. Jadi, kita akan bahas  lagi bersama semua SKPD terkait progresnya, kita bisa akomodir mana pergeseran dan mana penambahan,” jelasnya. (mdc)