BERBAGI
Pemkab Yapen akan Benahi Infrastruktur PON XX
Pemkab Yapen akan Benahi Infrastruktur PON XX

SERUI – Kabupaten Kepulauan Yapen dipercayakan salah satu Venue Cabang Olahraga (Cabor) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 yaitu, Cabor Sepak Bola Wanita (Galanita) yang akan diikuti 6 Provinsi diseluruh nusantara, oleh karena itu sesuai arahan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi agar daerah masing-masing sebagai tuan rumah untuk mempersiapan diri terutama infrastrukturnya.

“Sesuai arahan diberikan Menpora, oleh karena itu, sebagai tuan rumah pertandingan Sepak Bola Wanita (Galanita), kami akan benahi infrasruktur yang ada,’’ ujar Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Frans Sandi kepada sejumlah wartawan di Serui, Rabu (26/6).

Frans Sandi mengungkapkan, jika daerah yang telah dipercayakan sebagai tuan rumah tidak siap, maka pertandinganya dipindahkan ke Provinsi lain.

Selian mempersiapan infrastrukturnya, kata Frans Sanadi bahwa, di Yapen sendiri ada beberapa hal besar dan penting untuk disiapkan Pemerintah yaitu, masalah transportasi akan terus melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan, Pelni maupun pihak perhubungan darat.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak penerbangan PT. Trgana Air Sevice ketika pelaksanaan PON berlangsung agar bisa melayani penerbangan lebih dari sekali ke Serui dari Biak maupun dari Jayapura,” katanya.

Hal lain disampaikan Wakil Bupati Frans Sanadi yaitu, akomodasi dimana pihaknya terus berkoorinasi intens dengan pengusaha hotel di Serui, termasuk beberapa tempat penampungan yang akan di seleksi kelayakannya untuk ditempati para atlet-atlet.

“Termasuk komsumsi menjadi perhatian serius kami Pemerintah Daerah dengan Dinas – dinas terkait karena makanan disajikan kepada para atlet harus sesuai aturan komsumsi atlet itu sendiri,’’ jelasnya.

Serui sebagai tuan rumah, jelas Wakil Bupati ratusan orang akan ke Serui, dan ini merupakan nilai tambah tersendiri untuk Yapen.

Disinggung mengenai anggaran dialokasikan pemerintah Yapen untuk membangun Gedung Olahraga (GOR) Pemerintah memplotkan anggaran kurang lebih Rp30 Milyar. “Gambar pembangunannya telah siap, hanya tinggal perencanaan finalnya,’’ ujarnya.

“Kita harap akhir Tahun 2019 ini perencanaan bisa tuntas sehingga awal Tahun dengan bisa di kerjakan,’’ harapnya.

Sementara lokasi pembangunan GOR sendiri, lanjutnya Pemerintah telah menyiapkannya.

Sedangkan untuk lapangan Sepak Bola Marora Serui sangat layak digunakan untuk pertandingan nasional dimana lapangan tersebut pernah digunakan Liga 1 Indonesia.

Kepada warga Kabupaten Kepulauan Yapen, Frans mengajak mengajak agar bersama-sama pemerintah mendukung pelaksanaan PON di Serui dengan menjaga kebersihan lingkungan serta keamanan mulai sekarang. “Mari kita buat situasi lingkungan yang bersih dengan inisiatif masyarakat sendiri,” ajaknya. (her/pel)