BERBAGI
41 Tenaga Kesehatan RSUD Serui Ikut PUK Jabatan Fungsional
Wakil Bupati Kabupaten Yapen Frans Sanadi Foto bersama pada pembukaan kegiatan Pra Uji Kompetensi (PUK) jabatan Fungsional Keperawatan RSUD Serui

SERUI – Tenaga kesehatan salah satu faktor terpenting mendukung fungsi sistem pelayanan kesehatan dan dibutuhkan tenaga kesehatan yang kompeten dan berdedikasi menjalankan peran dan fungsinya secara optimal.

Meskipun kian hari makin berat saja jadi fungsional kesehatan yang berstatus PNS, sebab makin banyak ujian yang harus dilewati, serta semakin banyak pula syarat kepegawaian yang harus dilengkapi.

Oleh karena itu, guna meningkatkan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kepulauan Yapen, Serui, mengadakan kegiatan Pra Uji Kompetensi (PUK) jabatan Fungsional perawat yang diikuti sebanyak 41 tenaga Kesehatan selama dua hari, Tanggal 17 – 18/6 /2019.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Frans Sanadi saat membacakan sambutannya menjelaskan, Pra Uji Kompetensi adalah suatu proses guna mengukur pengetahuan, keterampilan, dan juga sikap kerja pejabat fungsiaonal kesehatan sekaligus dalam hal peningkatan karir tenaga keperawatan berdasarkan kualifikasi, kompetensi dan penilaian kinerja.

 

“Kegiatan ini perlu diikuti dalam rangka memberikan pengakuan terhadap kompetensi jabatan fungsional jabatan, dan ini merupakan bahan pertimbangan untuk kenaikan jenjang jabatan setingkat lebih tinggi lagi,” ungkapanya.

Frans Sandi berharap setelah mengikuti pelatihan selama dua hari Senin Tanggal 17 – 18/6/2019 dapat memperluas wawasan dan pengetahuan tenaga perawat yang berdampak positif terhadap kinerja, bertanggungjawab dalam mengatasi berbagai permasalahan kesehatan dihadapi masyarakat.

Sementara itu, Direktur RSUD Serui, dr. Johnny. B. Abaa, berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik baiknya bagi para peserta untuk pengangkatan jabatan, terlebih nantinya apa yang dicita-citakan rumah sakit mendapatkan akreditasi.

dr. Johnny.B. Abaa merincikan, peserta yang mengikuti kegiatan yaitu, tenaga perawat berjumlah tiga puluh enam orang dari RSUD Serui, satu peserta dari Puskesmas Serui Kota, satu dari Puskesmas Menawi, Puskesmas Karang Mulia satu orang, Puskesmas Ridge Biak Numfor satu peserta, dan Puskesmas Barapasi Mambramo Raya satu peserta.

“Yang belum mengikuti Uji Kompetisi kedepan akan dilaksanakan kembali karena ini menyangkut kenaikan jabatan,”tutupnya. (her/pel)