BERBAGI
Suasana press realise di Tanjung Siberi Enggros

JAYAPURA – Tanjung Siberi Kampung Enggros Kota Jayapura merupakan kampung binaan Astra Group Papua, atau Kampung Berseri Astra.

Sejak menjadi Kampung Berseri Astra, banyak perubahan di Tanjung Siberi, seperti banyak spot untuk foto-foto, dan sebagainya. Tanjung Siberi tampak lebih indah dan layak menjadi tujuan wisata, bisa mandi-mandi, bakar ikan, juga foto-foto.

Pimpinan Astra Motor Papua, yang juga Koordinator Astra Group Papua dan Papua Barat Wendy Tenario mengatakan, Kampung Berseri Astra merupakan salah satu bentuk dari Corporate Social Responsibility (CSR)nya Astra Motor.

“Sesuai dengan salah satu Catur Dharma Astra, yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, kami Astra Group Papua berkomitmen dan bertanggung jawab terhadap kontribusi sosial yang ada di Papua,” katanya saat menggelar press realise, Sabtu (25/05) di Tanjung Siberi Enggros.

Salah satu spot yang cukup favorit di Tanjung Siberi

 

Menurutnya, salah satu bentuk CSR yaitu  pembinaan kampung, yang dinamakan Kampung Berseri Astra.

“Kampung yang kami bina di Kota Jayapura adalah Kampung Enggros, harapannya di tahun 2020, kampung tersebut menjadi kampung yang mandiri dan  dari program tersebut Astra menjadi perusahaan kebanggaan Indonesia,” katanya.

Wendy menjelaskan, program Kampung Berseri Astra mempunyai 4 pilar yang dibina,  yaitu pilar pendidikan,  lingkungan, kesehatan dan pilar IGA/UKM.

“Dimana pembinaan  yang dilakukan di kampung Enggros melalui program Kampung Berseri Astra, sudah dilakukan dari tahun 2016,” ungkapnya.

Untuk pilar pendidikan, Astra memberikan program beasiswa kepada 35 siswa di Kampung Enggros, yang sebut program beasiswa lestari.

Juga program pelatihan komputer untuk warga kampung Enggros, sumbangan alat tulis dan buku bacaan, renovasi taman bacaan dan taman bermain anak di Kampung Enggros.

Dari sini bisa berfoto dengan latar belakangnya jembatan merah atau jembatan Youtefa

“Pilar lingkungan, membuat apotik hidup, kerja bakti, melakukan promosi tentang tidak membuang sampah sembarangan, dan pengecetan warna warni  jembatan Kampung Enggros,” katanya.

Pilar kesehatan, melakukan sosialisasi hidup sehat dan kesehatan anak, minum susu bersama anak Kampung Enggros, pengobatan gratis  bagi warga Enggros, program pemberian makanan tambahan anak Kampung Enggros .

Dan pilar UKM, yaitu membentuk program kelompok pelatihan UKM Kampung Enggros dan pengembangan produk asli lokal kampung Enggros seperti lokasi wisata, kaos, topi, dan daur ulang sampah plastik.

“Kami Astra Group berkomitmen dalam memajukan Kampung Enggros, agar kampung ini bisa menjadi bersih, sehat, cerdas, dan produktif seperti tujuan program Kampung Berseri Astra,” ujarnya. Di program Kampung Berseri Astra ini, lanjutnya, mempunyai tema sendiri sesuai dengan kondisi kampung yaitu Kampung Wisata, Kampung Hijau, Kampung Produktif, Kampung Cyber dan Kampung Budaya. Kampung Enggros sendiri mempunyai tema yaitu Kampung Wisata. (mia)