BERBAGI
Polres Yapen Peringati Harkitnas ke 111
Kapolres Yapen AKBP. Penri Erison membacakan sambutan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 111

SERUI – Jaran Polres Kabupaten Kepulauan Yapen memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 111 dengan upacara Bendera Merah Putih di lapangan Sapta Marga, Serui, Senin (20/5).

Sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informarika RI, Rudiantara dibacakan Kapolres Kabupaten Kepulauan Yapen, AKBP. Penri Erison mengatakan, naskah Sumpah Palapa pada kitab pararaton tertulis, “Sira Gajah Mada Patih Amangkubumi Tan, Amukti Palapa Gajah Mada Nusantara, Amukti Palapa ring ring ring Tanjungpura ring ring ring Ninja Palembang, Amukti Palapa dimaksud dengan Amukti Palapa, namun sampai saat ini masih belum diperoleh pengetahuan yang pasti.

“Pada umumnya para ahli sepakat bahwa Amukti Palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan prihatin sang Mahapatih Gajah Mada, artinya ia tak akan menghentikan mati raga atau kuasanya sebelum mempersatukan nusantara,” ungkap Menkominfo dalam sambutanya dibacakan Kaplres Yapen, AKBP Penri Erison.

Kapolres mengatakan, Sumpah Palapa merupakan embrio paling kuat persatuan Indonesia wilayah nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada, dimana telah menjadi acuan perjuangan para Pahlawan Nasional guna mengikat wilayah Indonesia dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

Amanant Hari Kebangkitan Nasional yang ke 111 kali ini sangat relevan dimaknai dengan teks Sumpah Palapa saat ini berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang mengurus energi dan emosi, namun sebagian besar masyarakat kita menginspirasikan pilihan berbeda dalam Pemilu, namun semua pilihan diberikan dengan harapan untuk kebaikan bangsa.

“Alhamdulillah sampai sekarang ini tahap-tahap pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif berlangsung dengan lancar lantaran ini juga berkat pengorbanan banyak saudara kita,” papar Kapolres Yapen.

AKBP. Penri Erison berharap semua anak bangsa Indonesia secara sadar peringatan kali ini untuk perbarui semangat gotong royong dan kolaborasi warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas Global Indonesia Bangkit Indonesia bersatu.

“Jagalah kebersamaan antar sesama dengan saling gotong royong karena itu adalah budaya kita bangsa Indonesia,” tutupnya

Rangkaian kegiatan selanjutnya melakukan penaburan bunga di taman makam Pahlawan (TMP).

Dalam upacara di ikuti tingkat pelajar, anggota TNI/Polri, ASN juga dihadiri pejabat lingkungan kerja Pemkab Yapen, pimpinan Forkopimda. (her/pel).