BERBAGI
Safari Ramadhan, PHBI Kunjungi Tiga Masjid
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Yapen saat memberikan sambutan acara Safari Ramadhan Panitia Hari Besar Islam

SERUI – Sambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah Tahun 2019, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kepulauan Yapen melaksanakan safari Ramadhan dirangkaikan dengan peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan di Masjid Al-Hidayah Menawi, Kamis (16/5).

Hery Setiawan Ketua PHBI Yapen dalam sambutan menjelaskan bahwa, Tahun 2019 ini akan dilakukan beberapa kegiatan Safari Ramadhan ditiga tempat berbedah yaitu, di Masjid Dawai, Masjid Angkaisera, dan Masjid Panduami.

Hery berharap kegiatan penuh berkat ini, bisa lebih mendapatkan pahala atas apa yang telah kerjakan selama bulan suci Ramadhan dan yang terpenting masyarakat bisa terus menjaga silaturahmi antar sesama.

Sementara itu Bupati Yapen Tonny Tesar diwakili Kadis Pertanian Kabupaten Yapen, Wahyudi Iriyanto saat membacakan sambutan mengatakan, kegiatan Safari Ramadhan harus dimaknai beberapa hal yaitu, pertama, sebagai bentuk penyegaran bernilai religi guna memberikan motivasi bagi umat Muslim agar lebih bersemangat dalam menjalankan Ibadah Puasa.

“Makna kedua, sebagai wujud solidaritas, perhatian serta rasa kepedulian antar sesama, dan yang ketiga sebagai upaya untuk bisa memantau secara langsung dan lebih mengetahui tentang kondisi kehidupan beragama di kampung terkait dengan toleransi antar umat beragama maupun sarana dan prasarana yang tersedia,’’ Wahyudi Iriyanto.

Wahyudi Iriyanto lebih lanjut menjelaskan, agar seluruh warga kampung Menawi bisa saling menghormati. “Mari kita mendukung saudara-saudara kita umat Muslim di Kampung Menawi dalam menjalankan ibadah Puasa,” ajaknya.

Sebagai Pemerintah Daerah, lanjut Wahyudi Iriyanto mengungkapkan bahwa saat ini kita berada diera yang sarat akan kompleksitas permasalahan yang mengacu pada rusaknya moral setiap pribadi bangsa maupun juga diri sendiri dengan terpengaruhnya kemajuan teknologi, fitnah, ujaran kebencian dan hoax terlebih pada media sosial.

Untuk itu ia berpesan agar semua hal-hal yang akan mengakibatkan kehancuran bagi diri sendiri, masyarakat bahkan bangsa dan negara dapat dihindari dengan cara saling menghormati antar umat beragama.

Acara dihadiri warga umat Muslim yang ada di Menawi, juga dihadiri Dandim 1709/YAWA yang di wakili oleh Kasdim, serta tamu undangan lainnya.(her/pel)