BERBAGI
John NR Gobai SE Bupati Yapen Tepat
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) daerah pengangkatan adat, John NR Gobai ketika berbincang-bincang dengan mama-mama Papua di salah satu pertokoan di Kota Jayapura,beberapa waktu lalu.

JAYAPURA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) pengangkatan adat, John NR Gobai menyambut baik Surat Edaran (SE) Bupati Kepulauan Yapen bernomor 511-21/322/SET tentang larangan penjualan pinang sirih bagi masyarakat selain orang asli Papua (OAP) di wilayah hukum Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen satu langkat tepat.

“Sebagai Anggota DPR Papua yang telah mengusulkan Raperdasi tentang perlindungan dan pemberdayaan pangan lokal dan pedagang OAP, salah satu isinya pangan lokal termasuk pinang, sehingga kami sangat mengapresiasi Bupati Yapen mengusulkan agar ini bisa didibuat oleh Pemprov Papua dan Kabupaten lainnya,” ungkap John dalam pesan WhattsAppnya kepada SKH WONE, Selasa (14/5).

Dikatakan, pihaknya mengharapkan bahwa tidak hanya pinang saja, melainkam pangan lokal lainnya seperti sayur, ubi, sagu, keladi dan ikan juga dibuatkan surat edaran atau peraturan. “Ini merujuk pada Perdasi yang telah kami usulkan dan disahkan, semoga langka Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen ini diikuti oleh kepala daerah lainnya di Papua,” Gobai.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar dalam surat edaran menyebutkan dalam rangka upaya pemberdayaan ekonomi dan memproteksi hak-hak orang asli Papua dalam pengelolaan dan pemanfaatan hasil pertanian khususnya pinang dan sirih, maka dengan ini disampaikan kepada seluruh warga Kabupaten Kepulauan Yapen, terhitung sejak dikeluarkan Surat Edaran ini, selain Orang Asli Papua, dilarang menjual pinang dan sirih di wilayah hukum Pemkab Yapen.

“Kepada masyarakat yang tidak mengindahkan surat edaran ini akan diberikan tindakan tegas dan dikenakan sanksi sesuai dengan perundang-perundang yang berlaku,” demikian kutipan surat tersebut.(yan/pel)