BERBAGI
26 Anak Kiriman Kodim 1709YAWA Lulus Seleksi TNI
Dandim 1709/YAWA Letkol Arh Pulung Patria Daga (tengah) foto bersama beberapa anak Serui yang lolos tahapan seleksi saat berada di Rindam XVII/Cenderawasih, Sentani, Kabupaten Jayapura

SERUI – Sebanyak 26 Putra asal Kabupaten Kepulauan Yapen dikirim Kodim 17/09/YAWA mendaftar calon anggota TNI dinyatakan lolos Tamtama, delapan diantaranya saat ini sedang mengikuti pendidikan di Rindam XVIII/Kasuari, Ransiki Manokwari, dan 18 mengikuti pendidikan di Rindam XVII/Cenderawasih Ifar Gunung, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Ditemui di ruang kerjanya, Dandim 1709/YAWA, Letkol Arh Pulung Patria Daga sangat mengucap syukur atas keberhasilan putra-putra terbaik asal Kota Kembang, Serui dapat lolos seleksi menjadi TNI.

Nama-nama siswa Yapen lolos seleksi anggota TNI

“Minggu lalu hasil seleksinya sudah keluar dan dinyatakan 26 anak asal Serui bisa masuk dalam pendidikan dan, saya sangat bersyukur sekali,” ungkap Letkol Arh Pulung Patria Daga kepada wartawan SKH WONE di Serui, Jumat (26/4).

Letkol Arh Pulung Patria Daga menjelaskan, dalam catatan data yang ada bahwa data dari gelombang satu Tahun 2019 ini cukup banyak dibandingkan dengan gelombang-gelombang sebelumnya. Ini adalah rencana Tuhan yang diberikan juga upaya dari anak-anak tersebut dimana mereka berlatih keras sebelum melakukan tes di Biak dan juga di Manokwari, serta dukungan para pelatih dari Kodim 1709/YAWA.

“Dari Tahun-tahun sebelumnya, baru Tahun ini sangat banyak anak-anak Yapen yang lolos, dengan rincian, gelombang satu Tahun 2017 sebanyak sepuluh anak yang masuk, gelombang kedua, dua belas anak yang masuk, sedangkan tahun 2018 gelombang satu ada delapan belas yang masuk, dan untuk di Tahun 2019 gelombang pertama yang masuk sebanyak 26 anak,” jelanya.

Letkol Arh Pulung Patria Daga mengungkapkan, yang tidak lulus, mereka jatuh di kesehatan, jasmani, dan psikologi. Namun sebagai orang nomor satu dijajaran Kodim 1709/YAWA telah menyampaikan kepada calon TNI yang gagal untuk tidak langsung patah semangat dimana bisa mencoba dikesempatan berikutnya.

“Jika belum beruntung, bisa tes seperti pekerjaan lainnya. Kita tetap berikan dukungan agar tidak patah semangat bagi mereka yang belum beruntung,” katanya.

Pengiriman siswa calon anggota TNI, gelombang pertama tahun 2019 ini, dibagi dua tempat yaitu, di Kodam XVII/Kasuari, Manokwari, sedangkan sisanya mengikuti tes di Korem Biak.

Dalam kesempatan ini, Dandim menegaskan dengan kebijakan, ‘’Negara juga Panglima TNI, dan TNI selalu memegang teguh hak asasi manusia’’, dan yang terpenting TNI tidak pernah menyakiti masyarakat khususnya di Papua,”.

Letkol Arh Pulung Patria Daga menambahkan, sesuai dengan petunjuk dari pimpinan diatas, harus melakukan tiga cara pendekatan dengan masyarakat Papua yaitu, pendekatan kesejahteraan, pendekatan kebudayaan, dan pendekatan keagamaan.

Dengan berhasilnya anak-anak Serui lolos tes TNI, Dandim Letkol Arh Pulung Patria Daga mengajak masyarakat yang punya anak-anak baru lulus sekolah SMA/SMK disilahkan mendaftarkan anaknya di Kodim 1709/YAWA karena ini adalah milik rakyat.

Kepada 26 anak-anak Serui saat ini sedang mengikuti pelatihan baik di Manokwari maupun di Sentani pesan Letkol Arh Pulung Patria Daga agar patuh terhadap pelatih mengajarkan berbagai latihan, serta yang terpenting untuk tidak lupa selalu beribadah dan berdoa.

Dandim 1709/YAWA juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada SKH WONE yang telah membantu dalam menyampaikan beritanya lewat media.(her/pel)