BERBAGI
Penertiban Alat peraga di Mamberamo Raya

BURMESO – Menjelang memasuki masa tenang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 17 April 2019, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) membantu Bawaslu Mamberamo Raya untuk menertibkan semua Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di sejumlah tempat di Kabupaten Mamberamo Raya.

Dari pantauan, terlihat personel Satpol PP langsung menurunkan sejumlah baliho maupun spanduk milik calon anggota legislatif (Caleg) di dekat Pasar Kasonaweja, Mamberamo Raya, Minggu (14/4).

Bahkan, personel Satpol PP Mamberamo Raya ini, menyisir sejumlah tempat yang diketahui terdapat APK yang dipasang oleh caleg dan langsung diturunkan.

Satpol PP Mamberamo Raya memastikan jika memasuki Senin (15/4) hari ini, semua APK milik caleg maupun calon presiden sudah bersih baik di Kasonaweja maupun Burmeso.

Kasatpol PP Mamberamo Raya, Terry Levin mengatakan, jika pembersihan APK itu sudah sesuai dengan aturan undang – undang bahwa sebelum memasuki detik-detik masa tenang, APK dan atribut kampanye semua dibersihkan atau diturunkan.

“Setelah apel serpas yang dipimpin bapak bupati, kita tindaklanjuti dengan pembersihan semua APK. Jadi, mulai besok semua APK bersih semua,” tegas Terry Levin.

Mantan Kapolres Mamberamo Raya ini, mengatakan, dalam pembersihan APK dan atribut kampanye ini, pihaknya mengerahkan 20 personel Satpol PP dibantu oleh Bawaslu Mamberamo Raya.

“Jadi, kita kerjasama dengan Bawaslu untuk pembersihan APK ini. 10 personel di Kasonaweja dan 10 personel di Burmeso,” jelasnya.

Pihaknya sangat menghargai jika para kandidat atau caleg dengan kesadarannya menurunkan APK atau atribut kampanye menjelang masa tenang, namun jika tidak pihaknya tetap turun membersihkan.

Kasatpol PP Terry Levin menambahkan, dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu pada 17 April 2019, pihaknya juga telah menurunkan Linmas sebanyak 340 personel yang sudah dilatih.

“Linmas ini langsung stay di PPD untuk penjemputan kotak suara dengan surat suara untuk dibawa ke TPS masing-masing pada hari H nanti,” imbuhnya. (*)