BERBAGI
Makawaru Da Cunha/Wone  Frederikus Gebze,SE,M.Si
Makawaru Da Cunha/Wone
Frederikus Gebze,SE,M.Si

JAYAPURA-Kabupaten Merauke mengalokasikan dana Rp 150 miliar untuk membangun infrasrtuktur  penunjang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua, seperti venue dan lain-lain. Pasalnya, Kabupaten Merauke adalah salah satu dari lima (5) cluster penyelenggaraan even olahraga terbesar di Tanah Air itu, selain Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, Jayawijaya dan  Biak Numfor.

Demikian disampaikan Bupati Merauke Frederikus Gebze,SE,M.Si usai menghadiri gelar pasukan pengamanan Pemilu Serentak 17 April 2019 di Halaman Kantor Gubernur Papua, Dok II Jayapura, Jumat (5/4).

Berkaitan dengan itu, kata bupati, pihaknya sudah mengalokasikan dana kurang lebih Rp 150 miliar dan sedang mengupayakan bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Rp 50 miliar.

Kalau dipersentasekan persiapan PON XX di Merauke sudah berapa persen, kata bupati, secara persentasi baru mencapai 30 persen.

“Kita berharap pembangunan infrastruktur venue dan lain- lain berakhir pada 20 Mei 2020 mendatang yang merupakan momentum kebangkitan Papua,” terangnya.

Pertama, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke sedang mempersiapkan untuk melakukan pembangunan venue, baik mempersiapkan untuk tender, kontrak dan pelaksanaan sirkut bertaraf nasional di Merauke untuk penyelenggaraan PON.

Kedua, melakukan rehabilitasi, restrukturisasi dan rekonstruksi Stadion Katalpal Marauke. Ketiga, melakukan pembangunan infrastruktur jalan pendukung. Keempat, mempersiapkan atlet-atlet yang bermain di PON, tinju, wushu, sepak bola, voli, atletik dan beberapa Cabor fenomenal lainnya.

Kelima, Pemkab Merauke sedang melakukan upaya upaya untuk pertunjukan spektakuler dan akan menawarkan kurang lebih 500 sampai 1.000 tifa yang akan dibuat kurang lebih 1 meter lebih.

Menurutnya, tifa itu akan didengungkan, ditoki dan dibawa para atlet, official maupun peserta untuk digaungkan saat upacara pembukaan (opening ceremonial) PON XX di Stadion Papua Bangkit.

“Mudah-mudahan dengan 500-1.000 tifa dapat menggetarkan semangat Papua untuk siap menjadi tuan rumah dan bisa ikut aktif partisipasi dalam PON XX,” kata bupati.

Sementara terkait persiapan akomodasi, transportasi, konsumsi dan lain-lain, di mana dipastikan sekitar 2.000 atlet dan official PON XX bakal hadir di Merauke, kata bupati, untuk akomodasi,  transportasi, konsumsi, logistik dan hal hal yang mendukung PON pihaknya siap 100 persen.

“Saatnya nanti akan kami launching dan kami akan mengundang seluruh wartawan lokal maupun nasional, untuk menyaksikan bahwa kita siap melaksanakan PON XX di Merauke,” pungkasnya.(mdc)