BERBAGI
Komisioner Bawaslu Provinsi Papua, Niko Tunjanan
Komisioner Bawaslu Provinsi Papua, Niko Tunjanan

SERUI – Komisioner Bawaslu Provinsi Papua, Niko Tunjanan usai memberikan materi pelatihan Saksi Partai Politik (Parpol) di Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen menegaskan, peserta Pemilu Tahun 2019 untuk dapat menjunjung tinggi profesional dalam proses tahapan baik penyampaian orasi Pemilu serta proses pencoblosan dan perhitungan surat suara.

Begitu juga kepada penyelenggaran entah itu KPU, Bawaslu, Panitia Distrik (Pandis) sampai tingkat bawah anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) agar tetap bekerja secara profesional sesuai amanat UU Pemilu.

“Saya ingingatkan dan berpesan agar semua pihak yang terlibat dapat bersama-sama melaksanakan tugas tanggungjawab dengan sunguh-sunguh tanpa memikirkan kepentingan diri masing-masing,” tegas Niko Tunjanan.

Khusus bagi Pandis serta PTPS, kata Niko, mereka adalah ujung tombak dilapangan. Terjadi atau tidaknya suatu pelanggaran, atau hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan, merekalah yang langsung mengetahuinya.

“Kerja yang jujur kalau mau berhasil,’’ singkat Niko Tunjanan yang penuh bermakna.

Sebagai Bawaslu Provinsi Papua, Niko mengajak masyarakat jika mengetahui serta mempunyai bukti adanya pelanggaran terjadi baik dilakukan oleh Peserta Pemilu, masyarakat, bahkan dilakukan oleh para penyelenggara agar segera datang dan laporan ke Bapilu atau DKPP sebagai penyelenggara kode etik.

“Jika mengetahui adanya suatu pelanggaran langsung datang melaporkan saja, apalagi mempunyai bukti yang kuat,” tegasnya.

Untuk itu, Niko berharap agar pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Kepulauan Yapen, dapat berjalan dengan baik serta tidak adanya pelangaran sehingga tidak terjadi gugat mengugat, satu dengan lainnya.(her/pel)