BERBAGI

YAMANDER/WONE Petinju Geisler Ap bersama istrinya, Mahrit Kaway,SH dan promotor Nelson Nainggolan di Jakarta, Sabtu (30/3)JAKARTA–Jalan panjang menuju tinju dunia Las Vegas akhirnya terbuka lebar bagi petinju profesional asal Lembah Baliem, Papua, Geisler Ap. Bagaimana tidak, dalam pertarungan perebutan gelar Kelas welter ringan 63,5 kg World Boxing Council (WBC) Asia Silver Super Lightweight Championship di One Bell Pak, Jakarta Selatan Sabtu (30/3) malam berhasil mengkanvaskan petinju Thailand, Thoedsak Sinam hanya dalam dua ronde.

Pukulan hook kanan yang menjadi ciri khas petinju berjuluk The King Papua ini, membuat Thoedsak Sinam roboh dan tidak mampu melanjutkan pertandingan. Geisler akhirnya mewujudkan impian masa kecilnya untuk menjadi juara di level internasaional.

“Puji Tuhan gelar ini saya persembahkan buat mama saya dan istri saya, manajer serta Pak Kapolda Papua, teman-teman komunitas Labewa serta masyarkat Papua,” kata Geisler Ap didampingi sang istri, Mahrit Kaway dan ibunda, Fransiska Marisan.

Dikatakan, perjuangan meraih gelar WBC, sempat memenuhi jalan terjal, ketika semua pihak di Papua seakan menutup mata, meski akhirnya Tuhan membuka jalan dan akhirnya Geisler Ap dan Manajer Yamander Yensenem,SKM mendapat dukungan dari Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin,MSi.

YAMANDER/WONE Petinju Geisler Ap bersama istrinya, Mahrit Kaway,SH, ibunda Fransiska Marisan dan di Jakarta, Sabtu (30/3)
YAMANDER/WONE
Petinju Geisler Ap bersama istrinya, Mahrit Kaway,SH, ibunda Fransiska Marisan dan di Jakarta, Sabtu (30/3)

Dirinya tetap konsisten berdiri di atas ring tinju layaknya seorang Mambri (pemimpin dalam bahasa Biak) dan berjuang untuk mempertahankan harkat dan martabat orang Papua. ”Saya sampai harus turun ke jalan-jalan mencari dukungan ini demi membuka mata semua pihak bahwa orang Papua juga bisa menjadi juara di tingkat WBC,” kenangnya.

Geisler Ap mengakui, kemenangan tersebut merupakan langka awal demi membuka jalan ke Las Vegas. ”Sesuai dengan target saya dan manajer, kita harus bawa nama Indonesia dan Papua di Las Vegas, semua bisa terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, Manajer Geisler Ap, Yamander Yensenem,SKM memilih “irit bicara” dan menyampaikan terima kasih kepada berbagai dukungan yang sudah diberikan kepada Geisler Ap.

“Saya dengan Geisler ini berjuang dari cari koin di jalan, (hingga) ditolak sana-sini, Puji Tuhan bisa menang, terima kasih kepada Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, teman-teman Labewa dan seluruh pihak yang sudah membantu, kiranya Tuhan memberkati kita sekalian,” tuturnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, keluarga besar Generasi Byak Rasine, Komarudin Watubun,SH,MH, Yanni,SH, Surat Kabar Harian (SKH) Wone hingga Ketua DPD KNPI Papua, Albert Wanimbo,SIP.(yan)