BERBAGI
417 PTPS Dilantik, Bawaslu Mereka harus Bisa Menjaga Integritas
Alan/Wone
Foto bersama usai melaksanakan pelantikan bagi 417 Anggota PTPS dari 12 Distrik di Kabupaten Jayapura.

SENTANI- 417 dari 531 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) gelombang pertama dari 12 Distrik resmi dilantik oleh Bawaslu Kabupaten Jayapura di Hotel Grand Alison, Sentani, Jumat (29/3).

Usai dilantik, 417 anggota PTPS yang direkrut oleh Pengawas Distrik tersebut juga diberikan Pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) selama satu hari dan akan dilengkapi dengan buku saku sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas lapangan.

Ketua Bawaslu Papua, Metusalach Infandi menuturkan, pelantikan PTPS adalah amanat dari UU Nomor 07 Tahun 2017 bahwa pengawasan terhadap tahapan Pemilu, selain Bawaslu Provinsi, Kabupaten, Distrik dan Kampung dibentuk juga PTPS yang mana harus ada sebelum 23 hari sebelum tanggal 17 April.

Kata dia, sebagai ujung tombak Bawaslu anggota PTPS diharapkan mampu bekerja sama dengan KPPS untuk memastikan proses pungut hitung dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Harapan kita tentu ada pada PTPS,”ucapnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura, Zachkarias Rmbewas juga berharap agar setiap PTPS yang dilantik dapat mempunyai rasa tanggung jawab dan juga bisa menjaga integritas. Karena menurutnya, integritas dari setiap PTPS akan diuji pada tanggal 17 April nanti. (aan)