BERBAGI
Pemkab Yapen Nomor Dua Contoh Penggunaan DK dan DAK
Pertemuan Pemkab Yapen bersama KPPN Provinsi Papua diruang kerja Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen

SERUI – Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua, Agung Julianta melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Yapen guna melihat secara langsung penggunaan kuangan Dana Kampung (DK), dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dalam penilaian pengelolaan keuangan Dana Kampung dan DAK di Kabupaten Kepulauan Yapen, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan, Agung Julianta sangat baik, bahkan menduduki urutan kedua se Provinsi Papua dalam penyerapannya.

“Kalau ada kendala dilapangan kami siap membantu, kami memberikan apresiasi kepada Pemkab Yapen telah banyak membuat terobosan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat,” singkat Agung Julianta saat diskusi bersama Bupati di ruang kerja bupati, Kamis (28/3).

Julianta mengatakan, Kabupaten Yapen dapat terus menjaga konsekuensi dalam penyerapan dana  dari Pusat agar dapat terus dipertahankan di Tahun 2019. “Ini satu dorongan yang baik kepada Pemerintah Yapen dan kami akan terus melakukan kerjasama serta koordinasi terkait anggaran dana Kampung,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Yapen Tonny Tesar memengatakan, kunjungan secara langsung ini merupakan hal yang sangat baik dimana apa yang disampaikan, Kabupaten Yapen menjadi salah satu kabupaten percontoh dalam penyerapan anggaran.

“Dalam pembicaraan disampaikan bagaimana agar Kabupaten Yapen terus menjaga konsistensi pelaksanaan dalam melakukan penyerapan dana dari Pusat dan terus melakukan koordinasi bersama Pemerintah Provinsi maupun Pusat karena Yapen merupakan contoh yang baik dalam penyerapan dana,” ujar Tonny esar.

Bupati Tesar lebih lanjut mengatakan, penyampaian beberapa kegiatan yang ada di KPPN yaitu, pelatihan dan pembinaan pengelolaan dana desa atau kampung akan dilaksanakan pada Tahun 2019 ini serta apa yang selama ini belum terlaksana dengan baik, maka akan dibantu oleh KPPN Provinsi Papua.

Bupati Tonny Tesar berharap, Dinas terkait dapat melakukan pengelolaan dana yang ada di Kabupaten Yapen terus dijaga dan membuat pelaporan pertanggungjawaban sesuai waktu yang telah ditetapkan.

Pertemuan dihadiri langsung Kepala Pimpinan Cabang KPPN Serui, Asisten II Setda Yapne, beserta beberapa stafnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen.(her/pel)