BERBAGI
Suasana pertemuan bupati dengan perusahaan yang membahas pemasangan panel surya (3)
Foto bersama Bupati Tonny Tesar bersama karyawan perusahaan PT. Listrik Vine Industri usai membahas pemasangan Panel Surya

SERUI – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, menyambut baik rencana PT. Listrik Vine Industri salah satu perusahaan swasta bergerak dibidang kelistrikan untuk mengembangkan jaringan energi bertenaga Surya (Matahari) dengan alat Solarsel (Panel Surya) serta batrei besar penampung strom sehingga dapat menerangi rumah-rumah rakyat di kampung-kampung terpencil di Kabupaten Kepulauan Yapen selama 24 Jam.

Hal itu diungkapkan Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar  usai pertemuan dengan pimpinan perusahaan PT. Listrik Vine Industri bertempat di ruang kerja Bupati Kabupaten Yapen.

“Pemerintah Kabupaten Yapen telah melakukan pertemuan dengan perusahaan tersebut untuk melakukan koordinasi juga telah melihat bukti yang telah dibangun di Daeran NTT. Sistem ini tidak menggunakan bahan bakar tapi menggunakan matahari, bahkan sistem ini menggunakan internet sehingga pemakaian oleh konsumen bisa langsung dipantau,’’ ungkap Tonny Tesar kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (28/3).

Bupati Tonny Tesar menjelaskan, operator memantau penggunaan listrik oleh konsumen melalui internet secara langsung dari Jakara, dan langsung diketahui berapa yang harus dibayar perbulannya.

Dijelaskanya. pembayaran perbulan sekitar Rp300 ribu dengan hitungan sepuluh ribu perharinya.

“Harga itu masih sangat wajar dalam sesuai kemampuan masyarakat dibandingkan harus menggunakan genset sendiri yang lebih banyak mengeluarkan biaya besar,” papar Bupati.

Dengan harga yang ditawarkan, Bupati mengatakan, agar dapat diturunkan lebih rendah dimana ada kontribusi diberikan karena harus mengeluarkan dana Kampung untuk dapat menyiapkan tempat baterei dan tiang listriknya, sedangkan kabel serta beberapa perlengkapan lainnya disiapkan oleh Perusahaan tersebut.

Sementara itu, Divisi operasional memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Yapen sangat merespon dengan baik. “Intinya perusahaan ingin membantu Pemerintah Yapen dengan memasukan listrik khususnya bagi masyarakat yang ada dipedalaman Kabupaten Kepulauan Yapen dengan pelayanan 24 Jam tanpa menggunakan bahan bakar,’’ ujar Gogod salah satu karyawan PT. Listrik Vine Industri.

Suasana pertemuan bupati dengan perusahaan yang membahas pemasangan panel surya (1)
Suasana pertemuan Bupati Tonny Tesar berama kwryawan perusahaan PT. Listrik Vine Industri

Gogod menjelaskan, Tahun 2017 lalu, pihaknya sudah melakukan survei dibeberapa Kampung yang ada di Yapen dan dari hasil pertemuan dengan Bupati selanjutnya pada bulan April mendatang kembali melakukan survey akhir, sebelum melakukan pekerjaanya.

“Ya dari arahan pak Bupati, berharap harus secepatnya bisa dikerjakan dengan target sebelum akhir Tahun 2019 semua sudah selesai dengan harapan semua kampung dapat dialiri listrik,’’ tutupmya.(her/pel)