BERBAGI
Bawaslu Yapen Rakor Bersama Pandis
Rapat Koordinas persiapan pengawasan Pemilu Tahun 2019 Bawaslu bersama panitia pengawas Distrik se Kabupaten Kepulauan Yapen di Serui

SERUI – Memasuki Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Presiden dan Wakil Presiden, anggota Legislatif DPR-RI, DPD-RI, DPR Papua (DPRP) dan DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen tanggal 17 April 2019 mendatang, oleh karena itu Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapulauan Yapen terus melakukan berbagai persiapan guna melaksanakan pengawasan dilapangan baik proses kampanye tertutup, maupun pelaksanaan kampanye terbuka.

Adapun persiapan itu, Bawaslu Yapen mengadakan Rapat Koordinasi Teknis bersama Pengawas Pemilu Distrik (Pandis) se Kabupaten Kepulauan Yapen bertempat disalah satu Hotel di Serui, Sabtu (23/3).

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Yapen, Sam Sainal Manderi mengatakan, Rakor ini guna membahas jika ada keluhan atau masalah didapat di lapangan, agar dapat diselesaikan bersama untuk mencari solusinya.

Sam Sainal Manderi mengatakan, dalam melakukan pengawasan, hal-hal apa yang akan dilakukan oleh para pengawas Pemilu dalam mengambil keputusan di lapangan bagaiman? Juga dalam penanganan pelanggarannya semua penangannya seperti apa? Itu yang kita bisa mengoptimalkan agar tidak terjadi suatu pelanggaran.

Bawaslu Yapen Rakor Bersama Pandis.

Sementara Ketua Bawaslu Yapen, Fredy Ayomi kepada wartawan Wone di selah-selah kegiatan menjelaskan, tujuan kegiatan berlangsung selama dua hari dengan materi yang berbeda adalah bagaimana penguatan kelembagaan dalam melakukan pengawasan terkait dengan kampanye, rapat umum juga menyongsong hari pemungutan suara.

“Perlu adanya penguatan terhadap jajaran pengawasan di lingkungan Distrik se Kabupaten Yapen,”. Ujar Fredy Ayomi.

Dikatakan, laporan diberikan sampai saat ini menyangkut pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) di luar zona yang telah ditentukan juga adanya kegiatan sosialisasi kampanye, namun tidak memasukan laporan pemberitahuan kepada pihak kepolisian.

“Ya ada langkah yang dilakukan oleh Pandis untuk melakukan koordinasi dengan pihak pelaksana agar dapat dibubarkan kegiatan tersebut,” tegasnya.

Oleh karena itu, selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Yapen berharap dalam kegiatan ini, para Pengawas Pemilu di tingkat Distrik dapat mengikuti dengan baik agar dalam pelaksanaan pemilu nanti dapat berjalan dengan baik tanpa adanya pelanggaran yang terjadi. (her/pel)