BERBAGI
Blusukan di Kampung Yapan, Polres Yapen Barapen Bersama Masyarakat
Jajaran Polres Kabupaten Kepulauan Yapen dipimpin Kapolres AKBP. Penri Erison blusukan di Kampung Yapan, Distrik Anotaurei, melaksanakan kegiatan Barapen Bersama Masyarakat setempat

SERUI – Jelang dilaksanakan pesta demokrasi lima tahunan, pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif, DPD-RI, DPR-RI, DPR Papua dan DPRD Kabupaten Yapen  secara serentak Tahun 2019, untuk itu Polres Kabupaten Kepulauan Yapen blusukan (kunjungan) di Kampung Yapan, Distrik Anotaurei, Kabupaten Kepulauan Yapen dengan melaksanakan barapen (bakar batu) bersama masyarakat setempat.

Kungjungan dipimpin Kapolres Kabupaten Yapen AKBP. Penri Erison didampingi Wakaplres Kompol Dorteus M. Komboy, sejumlah petinggi Polres Yapen diantaranya, Kasat Reskrim IPTU. Handry M. Bawilung, Kasat Binmas IPTU. Sumaji, mengajak masyarakat Kabupaten Yapen untuk pemungutan suara Pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Kepada seluruh masyarakat Kampung Yapan agar dapat memberikan hak suaranya pada Pemilu Tanggal 17 April 2019 dengan memilih calon anggota Legislatif baik tingkat Kabupaten Yapen, Provinsi maupun Pusat serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, secara serentak sesuai dengan hati Nurani masyarakat itu sendiri,’’ ajak Kapolres AKBP. Penri Erison saat memberikan arahanya disela-sela tatap muka dengan masyarakat Kampung Yapan, usai barapen bersama masyarakat Kampung Yapan, Rabu, (20/3) lalu.

Kapolres AKBP. Penri Erison menghimbau kepada masyarakat jika ada masyarakat yang melakuskan hal-hal kurang berkenan untuk ditegur, dan jika memang tidak bisa maka langsung dilaporkan kepada pihak keamanan guna dibantu untuk menyelesaikan hal tersebut.

“Jika nanti ada masyarakat mengetahui adanya suatu pelanggaran, maka diharapkan dapat melaporkan kepada pihak Gakumdu, untuk ditindak lanjuti,” ujarnya.

Sebagai orang nomor satu dijajaran Polres Yapen, AKBP. Penri Erison  minta agar jangan cepat percaya jika mendengarkan suatu berita yang beredar di media sosial karena berita-berita tersebut kadang mengandung unsur sara atau hoax.

“Ya…. kalau kita ada baca adanya informasi lewat Medsos, jangan cepat percaya, kita harus membacanya dengan baik jangan langsung disebarkan. Kalau lihat itu tidak benar maka dihapus saja,” kata AKBP. Penri Erison.

AKBP. Penri Erison menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan di Kampung Yapan sebagai tugas kepolisian RI dimana bisa mendekatkan diri bersama masyarakat yang harus dilaksanakan, dan memberikan himbauan karena setiap pemilihan tentunya ada yang menang juga ada yang kalah, namun paling utama untuk dijaga adalah jangan sampai terjadi perkelahian atau melakukan hal-hal di luar koridor.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan anggota Polres Yapen  adalah melakukan bakar batu atau barapen dengan tujuan yaitu, kebersamaan dan rasa kekeluargaan karena kita semua keluarga.

Sementara itu, Kepala Distrik Anotaurei, Elisama Aninam menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Polres Yapen bisa datang secara langsung bertemu dengan masyarakat.

Elisa mengungkapkan, kondisi di Distrik Anotaurei khususnya di Kampung Yapan, situasi keamanan dan berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan walaupun pemilihan Kepala Kampung Yapan beberapa waktu lalu sedikit terjadi perselisihan, namun saat ini semua sudah kembali normal.

Terkait dengan kunjungan Kapolres Yapen dan jajaranya di Kampung Yapan, kata Elisama Aninam,  hal ini sebagai bentuk hubungan erat antara masyarakat dengan pihak kepolisian sehinga diharapan kedepannga bisa terus dilakukan juga tatap saling bergandengan tangan dalam mensukseskan Pemilu Tahun 2019.(her/pe)