BERBAGI
Semua Pejabat Wajib Melaporkan LHKPN
Pemkab Yapen sosialisasi dan pengenalan aplikasi e-LHKPN bagi pimpinan perangkat daerah serta admin unit kerja

SERUI – Tekan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) di Kabupaten Kepulauan Yapen, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Yapen melalui Inspektorat Kabupaten Kepulauan Yapen mengadakan sosialisasi pengenalan aplikasi eletronik Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN).

Kegiatan sosialisasi aplikasi eletronik LHKPN sesuai amanat UU 28 Tahun 1999 tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme mulai dari Presiden, Menteri, Gubernur, Bupati, Walikota dan pejabat lainnya.

Bupati Tonny Tesar dalam sambutaanya menegaskan jika para anggota di setiap OPD sudah baik dalam melakukan setiap laporan namun tidak ada dukungan dari setiap pimpinan untuk melaporkan harta kekayaanya maka LKHPN ini tidak dapat di laporkan.

“Pejabat – pejabat tertentu diharuskan melaporkan hasil kekayaan sesuai aplikasi yang telah dibuat,” ujar Bupati Tonny Tesar.

Jelas Bupati Tonny Tesar, dengan menggunakan sistem aplikasi ini,  maka pelaporan LHKPN sudah sangat mudah untuk kita lakukan karena tidak lagi menggunakan kertas. “Sekarang sangat muda karena menggunakan aplikasi, asalkan datanya lengkap.

Ditemui diselah-selah kegiatan, Bupati mengungkapkan bahwa, selama ini kita lakukan rencana aksi dengan KPK dalam rangka pencegahan korupsi di Daerah, oleh karena itu kita mengundang pimpinan OPD beserta admin masing-masing OPD untuk hadir bersama sama agar dapat memahami dengan baik lewat aplikasi.

“Kita ingin melaksanakan pemerintahan yang bersih transparan akun tabel dimulai dari penyelenggaraan negara yang bisa melaksanakan aturan undang-undang nomor 28 ini dengan melaporkan LHKPN masing-masing pejabat,’’ tutup Bupati.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Kepulauan Yapen, Yan Alex Kiriwenno menyampaikan laporannya mengatakan, tujuan sosialisasi pengenalan aplikasi e-LHKPN yang dilakukan hari ini dimaksudkan agar para pejabat wajib melaporkan LHKPN Kabupaten Kepulauan kepada KPK RI dengan menggunakan aplikasi e-LHKPN sebagai tempat laporan.(her/pel)