BERBAGI
Bupati Yapen saat menyerahkan bantuan kepada kelompok nelayan tradisional secara simbolis
Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Tonny Tesar saat menyerahkan bantuan kepada kelompok Nelayan tradisional secara simbolis

SERUI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yapen melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Yapen memberikan bantuan kepada 20 kelompok Nelayan yang ada di Distrik Kosiwo tahun anggaran 2018, bertempat di rumah Kepala Kampung Sarawandori I.

Bupati dalam arahannya mejelaskan, penyerahan bantuan yang cukup lengkap ini bisa menjawab kesulitan mahalnya ikan di Serui. “Kita tahu bahwa Serui merupakan kepulauan yang penuh dengan hasil ikan, namun kenyataanya ikan sangat mahal,” ujar Tonny Tesar, Selasa (12/3).

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Pemerintah telah berkali-kali memberikan bantuan kepada Nelayan dengan harapan dapat digunakan dengan sebaiknya untuk meningkatkan penangkapan ikan bagi Nelayan serta harus bisa dirawat bantuan itu dengan tujuan kedepan kelompok nelayan bisa lebih baik lagi. “Ini juga untuk dapat meningkatkan peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat juga membuka lapangan kerja,” ujar Bupati Tonny Tesar.

Ditemui usai memberikan bantuan, Tonny Tesar minta kepada pendamping agar melihat sarana ini digunakan dengan baik atau tidak, dan jika ada kekurangan modal kerja, maka Pemerintah akan memberikan bantuan bahan bakar.

“Kedepannya kita juga akan memberikan bantuan kepada Nelayan yang lainnya agar semua bisa merasakannya,” jelas Bupati Tonny Tesar.

Bupati menjelaskan, bantuan ini dibiayai oleh Dana Alokasi Khusus Pemerintah Pusat, untuk itu sebagai Pemerintah Daerah sangat berharap para penerima dapat menggunakan serta memanfaatkan bantuan ini secara berkelompok meningkatkan ekonomi masing-masing kelompok Nelayan.

Mengenai keluhan masyarakat terkait tingginya harga ikan di pasar, dengan tegas Tonny Tesar menyampaikan bahwa dengan membantuan diberikan ini Nelayan dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan lebih banyak. “Harga ikan di pasar Aroro Iroro,Serui dalam waktu kedepan ini harganya akan bisa lebih wajar agar masyarakat bisa mengkomsumsi ikan dengan baik tanpa adanya keluhan harga ikan,” jelasnya.

Adapun bantuan diberikan secara simbolis oleh Bupati, kepada setiap kelompok Nelayan berupa satu buah perahu Fiber, satu motor tempel 15PK, satu Kulbox dan satu set Lifjekt.(her/pel)