BERBAGI

Di dampingi bupati, para SMX papua berada di atas puncak
Bupati Tonny Tesar saat foto bersama anggota Komunitas SMX Papua usat menaklukan medan extrim dari Kampung Turu menuju ke Kampung Kabuena

SERUI – Komunitas Serui Motor Xtrim (SMX) Papua merupakan komunitas suka dengan tantangan yang menguji adrenyali, melakukan aksi extrim menaklukan medan penuh rintangan dan tantangan dengan motor-motor trail menembus hutan belantara Kampung Turu menuju ke Kampung Kabuena, Sabtu (9/3) lalu.

Ade Yullen Banua disapaan akrab AYB, salah satu anggota SMX Papua bersama kurang lebih 30 anggota SMX menaklukkan medan extrim tersebut.

Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar datang langsung melihat medan dilalui para anak SMX Papua mengatakan, kegiatan ini sebagai memperingati HUT Kabupaten Kepulauan Yapen yang ke 50 Tahun.

Aksi Extrim Komunitas SMX Papua
Bupati Tonny Tesar saat foto bersama anggota Komunitas SMX Papua usat menaklukan medan extrim dari Kampung Turu menuju ke Kampung Kabuena

Bupati Tonny Tesar mengatakan, jalur setapak yang dilewati ditengah hutan ini, kedepan Pemerintah Kabupaten Yapen sedang membangunnya mulai dari Kampung Kabuena, Tanjung Abori dan turun ke daerah pesisir pantai, Turu.

“Saat ini Pemerintah sedang membangun jalan disini mulai Kampung Kabuena. Namun jalan yang dilalui ini merupakan jalan produksi dimana tempat masyarakat sering lewati dalam melakukan kegiatan sehari-hari yaitu berkebun,” ujar Tonny Tesar.

Sebagai Kepala Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Yapen, tentunya sangat mendukung apa yang dilakukan ini sebagai persiapan Atlet Motor Trail agar bisa tetap aksis dalam mempersiapkan diri, tim dari Kabupaten Yapen.

Selain itu, diharapkan dengan kegiatan ini dapat memperkenalkan keindahan alam Kota Serui, budaya yang sangat ramah serta beraneka ragam. “Ini juga sebagai sosialisasi olahraga yang benar untuk tidak melakukan dijalan raya mengganggu ketertiban lalu lintas. Selain itu, kegiatan ini untuk dapat menyalurkan bakat anak mudah dengan baik,” katanya.

Sementara itu, AYB suka dengan olahraga motor ini mengungkapkan bahwa, beberapa hari sebelumnya ia telah melakukan survei terhadap medan tersebut. Bahkan ia yang pertama kalinya melewatinya dengan menggunakan motor trail.

“Kemarin saya sudah melewati jalur ini pertama kali untuk melasanakan survei, dan medan ini sangat cocok untuk Komunitas SMX Papua dimana selain menguji adrenyali juga untuk tetapi berlatih mengembangkan diri lebih baik kedepan,’’ ujar AYB.

AYB mengatakan, kedepan pihaknya bersama anggota SMX Papua akan melintasi medan yang lebih menantang lagi. “Kita akan coba medan lain, ada beberapa jalan setapak digunung yang akan kita main di sana,” ungkapnya.

Sukses apa yang dilakukan ini, Ade mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat serta Ketua Adat Suku Kampung Turu dimana telah mendukung sepenuhnya kegiatan Extrim ini. ‘’Kami menyampaikan apresiasi, penghargaan dan terima kasih kepada masyarakat dan adat Kampung Turu  untuk jalur baru yang dibuka ini yang dinamakan jalan Adei Waninsene Banua dan itu merupakan suatu penghargaan yang sangat berharga.(her/pel)