BERBAGI

Dari Perayaan HUT 23 Tahun IKF Rayon Distrik Yapsi-Kaureh

Ketua Umum Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Nusa Tenggara Timur (NTT) di Papua, H. Sulaeman Hamzah disambut masyarakat distrik Yapsi dan Lereh kabupaten Jayapura.

JAYAPURA – Ketua Umum Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Nusa Tenggara Timur (NTT) di Papua, H. Sulaeman Hamzah dan rombongan hadir langsung di kampung Ongan Jaya, distrik Yapsi kabupaten Jayapura, guna menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Flobamora tingkat distrik Yapsi dan Kaureh yang ke 23 tahun, Minggu (17/02/2019).

Hadir bersama rombongan dari kota Jayapura, Sulaeman Hamzah yang didampingi sang istri langsung disambut meriah ribuan warga Flobamora disana, yang telah menunggunya sejak pagi hari dengan kalungan selendang dan tarian adat.

Sulaeman Hamzah dalamm sambutannya didepan ribuan warga Flobamora wilayah distrik Yapsi dan Kaureh kabupaten Jayapura mengaku sangat bahagia bisa hadir bersama. Apalagi, kesibukannya sebagai seorang legislator di DPR RI membuatnya mulai jarang bertemu, dan relatif lebih berkomunikasi lewat telepon.

Dalam kesempatan itu, Sulaeman Hamzah yang kembali mencalonkan diri sebagai wakil rakyat Papua untuk kursi DPR RI dari partai NasDem mengingatkan seluruh warga Flobamora yang ada di distrik Yapsi dan Kaureh kabupaten Jayapura, serta Papua pada umumnya, untuk wajib menyukseskan pemilihan umum legislatif dan presiden tahun 2019 ini.

“Sebagai warga negara yang baik, kita wajib menggunakan hak politik kita untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat sesuai dengan hati nurani. Pilih wakil rakyat dan pemimpin yang benar-benar kita kenal, yang selalu bisa menjadi tempat untuk saling berbagi dan saling membantu,” kata dia.

Sulaeman Hamzah memberikan sambutan saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Flobamora tingkat distrik Yapsi dan Kaureh yang ke 23 tahun, Minggu (17/02/2019)

Dia tambahkan, sudah menjadi tugas semua pihak, termasuk masyarakat, aparatur pemerintah seperti para kepala kampung, sekretaris kampung ataupun perangkat dibawahnya agar bisa berperan aktif untuk ikut serta membantu penyelenggara pemilu dalam mensosialisasikan kertas suara yang ada lima warna.

“Pemilu kali ini luar biasa, surat suaranya ada lima warna, harapannya para aparat pemerintah ditingkat bawah untuk membantu warga dalam hal mengenal mana kertas suara untuk tingkat pusat, provinsi, kabupaten, atau lainnya,” pesan Sulaeman Hamzah.

Anggota Komisi IV di DPR RI itu juga mengapresiasi warga Flobamora di Papua yang masih terus mempercayakannya sebagai ketua umum.

“Hampir seluruh daerah kabupaten dan kota di Papua sudah ada pengurus IKF. Sementara menunggu kita akan melantik pengurus di kabupaten Mappi, Asmat, Bovendigul dan Mamberamo Raya,” tuturnya.

H. Sulaeman L. Hamzah
H. Sulaeman L. Hamzah

Sementara sedikit bercerita mengenai perjuangannya mengembam aspirasi rakyat Papua di gedung senayan, Sulaeman Hamzah mengaku dirinya sengaja memilih komisi IV di DPR RI yang antara lain membidangi masalah pertanian, peternakan kehutanan, perikanan dan kelautan, guna bisa memperjuangkan langsung sentuhan dana dan program bagi masyarakat Papua perihal bidang-bidang tersebut, seperti yang telah dia lakukan dan buktikan selama ini.

“Saya juga masuk di Badan Legislasi Pusat membahas sejumlah aturan perundangan, yang tentu didalamnya kita membahas juga kepentingan Tanah Papua. Untuk aspirasi masyarakat Flobamora yang terkait rute kapal putih (kapal pelni-red) dari Papua ke Kupang atau NTT, memang juga kita konsekuen bahas. Itu lebih pada pertimbangan ekonomi dan ketersediaan armada kapal. Syukurlah saat ini sudah ada meski masih dari rute Merauke, dari Sorong dan dari kabupaten Nabire. Kami berupaya maksimal,” pungkas Sulaeman Hamzah.

Ketua Panitia Kasianus Naikoda

Sementara Ketua Panitia (HUT) Flobamora tingkat distrik Yapsi dan Kaureh kabupaten Jayapura, Kasianus Naikoda dalam kesempatan itu mengapresiasi kehadiran ketua Umum IKF, Sulaeman Hamzah dan rombongan dalam acara tersebut.

“Meski jarak yang relatif jauh, luar biasa pak ketua umum bisa hadir disini. Kami anggota IKF di distrik Yapsi dan Kaureh berjumlah kurang lebih 7000 orang. Itu yang terdaftar. Dan siap menyukseskan pemilu legislatif dan presiden,” ujar Kasianus Naikoda.

Acara HUT ke 23 IKF tingkat distrik Yapsi dan Kaureh, kabupaten Jayapura berlangsung meriah, selain pagelaran adat dan budaya, juga diisi lomba tarian dari 15 sanggar seni yang ada disana. Sulaeman Hamzah dalam kesempatan itu juga melantik pengurus ranting IKF tingkat distrik setempat. (Cel)