BERBAGI
Hakim Tolak Eksepsi PH Terdakwa WNA Polandia
Dua terdakwa Jackob Fabian Skrzypsi dan Simon Magal saat menghadiri sidang di Pengadilan Negeri (PN) Wamena, Senin (11/2) kemarin.

WAMENA – Sidang kasus makar dengan terdakwa Jackob Fabian Skrzypsi dan Simon Magal kembali dilanjutkan pada Senin (11/2) kemarin di Pengadilan Negeri (PN) Wamena.

Pada sidang dengan agenda putusan sela ini, hakim ketua Yajid, SH bersama dua anggota menolak atau keberatan terhadap eksepsi yang diajukan oleh penasehat hukum (PH) dari dua terdakwa kasus makar baik Jackob maupun Simon Magal. Hakim sendiri menilai bahwa eksepsi PH secara subtansi tidak sesuai dengan perkara ini.

Dalam amar putusannya, majelis hakim menilai dalam dakwaan jaksa telah memasukan di mana tempat kejadian perkara ini dilakukan oleh terdakwa JFS karena pernah ke Jayawijaya dan melakukan tindak pidana. Surat dakwaan telah diterima sesuai dasar hukum.

“Jaksa juga harus membuktikan pasal-pasal yang didakwakan kepada dua terdakwa ini melalui pemeriksaan saksi-saksi dalam persidanga yang akan dilanjutkan di pengadilan negeri kelas II B wamena,”

Sementara itu, Penasehat hukum, Yance Tanoye menegaskan, pihaknya belum memutuskan menerima atau menolak putusan sela dari majelis hakim ini. Hanya saja, ini merupakan kewenangan dari hakim dalam memutuskan sesuatu.

“Intinya kami kuasa hukum akan merembuk untuk menyatakan keberatan atau tidak dari putusan sela hakim, dan kami akan menyampaikan itu saat diputusan akhir nanti, atau nanti diminta banding maka kita akan sampaikan,” tuturnya.

Menurutnya, pihaknya akan lebih fokus untuk menghadapi sidang pokok perkara kamis mendatang dengan agenda pemeriksaan saksi nanti. Dia juga berharap, kedepan ada pengalihhan wilayah hukum ke Jayapura.

“Tapi kalau sudah seperti ini maka kami akan kembali mengkaji putusan sela ini,” pungkasnya.(lay/pel)