BERBAGI
Terima Penghargaan, Tonny Tesar Terima Kasih OPD
Bupati Kabupaten Kepualuan Yapen Tonny Tesar saat menerima piagam penghargaan dari Kepala Ombudsmen RI Kantor Perwakilan Papua, Iwanggin Sabar Olif

SERUI – Kepulauan Yapen menerima piagam penghargaan atas kepatuhan pelayanan publik Tahun 2018 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diterima langsung oleh Bupati Kabipaten Kepualuan Yapen, Tonny Tesar dari Ombudsman  RI, Kantor Perwakilan  Papua, bertempat di Gedung Silas Papare Serui, Kamis, (31/1).

Atas penghargaan itu cmenyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh Pimpinan OPD serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) telah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya melayani masyarakat Yapen.

Penerimaan penghargaan atas kepatuhan pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen setelah Ombudsmen RI Perwakilan Papua Survei pelaksanaan tugas, fungsi Pemkab Yapen sejak Tahun 2013 lalu sampai 2018.

Survei Ombudsmen meliputi kepatuhan pemerintah terhadap pelaksanaan standar layanan sesuai undang – undang pelayanan publik, dimana program tersebut akhirnya sejalan dengan rencana pembangunan jangkah menengah nasional (RPJMN) 2015 – 2019 sesuai dengan peraturan Presiden No 2 tahun 2015 bahwa Pemerintah Pusat dan Daerah dituntut untuk memenuhi undang – undang pelayanan Publik.

Sambutan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua, Iwanggin Sabar Olif menjelaskan, pada Tahun 2018 program penilaian kepatuhan secara nasional serentak diadakan periode Mei – Juli 2018 tersebar di 9 Kementerian, 4 Lembaga, 16 Provinsi, 49 Pemerintah Kota dan 199 Pemerintah Kabupaten, dimana pada akhir program telah diadakan penganugrahan predikat kepatuhan.

“Untuk Provinsi Papua terdapat delapan lokasi yang dinilai yaitu, Pemprov Papua, Pemkot Jayapura, Pemkab Keerom, Pemkab Jayapura, Pemkab Kepulauan Yapen, Pemkab Biak Numfor, Pemkab Jayawijaya dan Pemkab Merauke,” jelas Kepala Ombudsemen RI Perwakilan Papua, Iwanggin Sabar Olif.

Iwanggin Sabar Olif mengatakan bahwa, Pemerintah Kabupaten Yapen mengalami meningkatan nilai yang sangat memuaskan di Tahun 2018 khsusnya dibandingkan pada Tahun 2017 lalu. “Salah satu OPD yang kami apresiasi adalah Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Yapen yang mana mendapatkan nilai sangat memuaskan dan masuk dalam zona hijau (tingkat kepatuhan tinggi) dengan nilai yang diakumulasikan yaitu 95,50 dengan 12 produk yang dinilai.

Selain DPM-PTSP lanjut Iwanggin, Dinas Pendidikan Yapen masuk dalam nilai yang cukup tinggi dan masuk dalam zona kuning atau tingkat kepatuhan sedang.

Sementara OPD lainnya yang belum memperoleh keberuntungan, Iwanggin Sabar Olif mengajak agar menunjukan perubahan yang signifikan dan harus tetap yakin Tahun berikutnya lebih baik lagi.

Di tempat sama, Bupati Tonny Tesar sebagai orang nomor satu di Kabupaten Yapen senang atas sematan penghargaan didapatkan Pemerintah Kabupaten Yapen dimana yang pastinya memberi kebanggaan tersendiri guna menunjukan kinerja yang baik dari OPD-OPD yang ada dalam melaksanakan tugas pelayanan publik di Kabupaten Yapen.

“Prestasi yang kita peroleh, melalui kerja keras, kerja Bersama, kerja yang berkualitas, berintegritas dan kerja yang selalu taat pada peraturan yang berlaku,” ungkap Tonny Tesar dalam sambutannya.

Kata Tonny Tesar, apa yang telah diterima Pemerintah Kabupaten Yapen khususnya kepada OPD yang menerima piagam penghargaan, untuk lebih meningkatkan kinerja dalam pelayanan publik di Kabupaten Yapen.

“Hal-hal yang baik selama ini telah dilaksanakan, semangat kebersamaan yang terbangun dalam bekerja dapat dijaga dan dipertahankan terus di tahun-tahun akan dating,” tutup Bupati Yapen.

Kegiatan ini penyerahan penghargaan ini dihadiri langsung oleh Harold Wenno selaku Kepala Dinas Penanaman Modal – Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Yapen, Wakil Bupati, para pimpinan OPD, Forkompinda dan tamu undangan lainnya. (her/pel)