BERBAGI
YAMANDER/WONE  Jonathan K Wororomi,S.Si,M.Si
YAMANDER/WONE
Jonathan K Wororomi,S.Si,M.Si

JAYAPURA-Pola pembinaan mahasiswa Universitas Cenderawasih (Uncen) yang berjalan dengan baik, berbanding lurus dengan aksi pemalangan kampus yang mulai menurun.

Tercatat selama tahun 2018, pemalangan kampus tidak seperti tahun-tahun sebelumnya di mana terjadi penurunan pemalangan kampus tidak lebih dari 5 kali pemalangan.

“Progres kemahasiswaan Uncen ini sejauh ini baik, di mana sepanjang tahun 2018, pemalangan kampus terlihat berkurang drastis,” ungkap Pembantu Rektor (Purek) III Uncen, Jonathan K. Wororomi,S.Si,M.Si ketika ditemui di Rektorat Uncen, Perumnas III Waena, Kamis (31/1).

Menurutnya, penurunan pemalangan kampus tersebut merupakan keberhasilan bersama, mengingat proses pembinaan kemahasiswaan yang berjalan dengan baik selama ini. ”Sebagai orang tua kalau anak minta roti, maka tidak mungkin kita kasih batu, nah, ini yang menjadi kunci utama dalam pembinaan kepada anak-anak,” imbuh Jonathan.

Dikatakan, sejatinya kampus tidak akan membatasi demonstrasi dalam konteks demokrasi kampus, tetapi akan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat. ”Nah, dengan hadirnya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM-red) yang akan kita aktifkan, maka kita harapkan mahasiswa sibuk dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat,” katanya.

Menurut Jonathan, pihaknya pada prinsipnya siap juga untuk mendorong renovasi asrama meskipun terkendala, tetapi pihaknya optimis hal tersebut, dapat dilakukan. ”Karena membangun kebersamaan itu dimulai dari asrama, bagaimana membangun relasi yang baik, selain itu bagaimana memupuk kebersamaan itu sendiri, sehingga mahasiswa juga dapat diberdayakan,” imbuhnya.

Dengan aktifnya UKM-UKM di lingkungan Uncen, diharapkan ke depan, berbagai prestasi akan diraih oleh mahasiswa/i Uncen seperti yang sudah ditorehkan selama ini. ”Kita berharap ke depan mahasiswa itu semakin berprestasi,” tutupnya.(yan)